Liga Pendidikan Indonesia (Istimewa)
DepokNews-  Liga Pendidikan Indonesia (LPI) cabang olahraga (cabor) futsal diikuti 660 siswa, dari 52 SMA se Kota Depok. Kompetisi antar siswa ini dibuka Asisten Hukum dan Pemerintahan Setda Kota Depok Sri Utomo ini, diadakan di Futsal Golden Sport Center, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Senin (15/10/2018).
Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Depok, Eko Herwiyanto menjelaskan jumlah peserta tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang diikuti oleh 20 SMA se-Kota Depok.
“Hal itu menunjukkan bahwa siswa juga membutuhkan wadah untuk olahraga demi meraih prestasi,” jelasnya.
Tahun lalu, lanjut Eko, sekitar 20 SMA yang ikut LPI cabor  futsal. Untuk tahun 2018 ada 52 SMA dengan jumlah 660 siswa yang ikut LPI Depok 2018.
“Mereka semua berkompetisi untuk menjadi yang terbaik,” katanya.

Dikatakannya, pelaksaan LPI tahun ini memang tidak serentak karena menyesuaikan dengan perhelatan lain seperti Pekan Olahraga Pelajar Daerah dan Pekan Olahraga Daerah 2018. Namun, lanjutnya, semua telah dilaksanakan dengan baik dan berjalan lancar.

“Basket dan voli digelar lebih dulu pada Januari kemarin. Futsal hari ini bersamaan juga dengan bulutangkis yang melibatkan siswa SMP dan SMA dengan total 355 peserta,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, tahun ini pihaknya menggelar enam cabor yang dipertandingan pada LPI 2018. Antara lain sepakbola, basket, bulutangkis, futsal, voli dan taekwondo.

“Untuk taekwondo akan digelar juga dalam waktu dekat. Setiap tahun, cabornya akan berubah. Sebab kami ingin mencari potensi baru dalam setiap cabang olahraga,” bebernya.

Terpisah, Panitia Penyelengara Cabor Futsal LPI, Nana Priatna menambahkan pertandingan kali ini mengunakan sistem gugur atau knock out. Kemudian, untuk durasi bermain bagi SMA putri 2 x 10 menit  dan untuk SMA putra 2 x 15 menit.

“Pertandingan akan berjalan selama tiga hari, mulai tanggal 15-17 Oktober 2018,” tutupnya.(mia)