60 Remaja Depok Ikuti Sekolah Pra Nikah

DepokNews- Kecamatan Cilodong kembali menggulirkan program Sekolah Pra Nikah (SPN). SPN kali ini diikuti sebanyak 60 peserta yang seluruhnya berusia remaja.

Sekretaris Kecamatan Cilodong, Jarkasih mengatakan, program ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda dalam menjalani kehidupan rumah tangga nanti. Dengan pesertanya berasal dari Forum Anak dan pengurus RW Ramah Anak.

“Kami ingin anak-anak di Cilodong mengerti pentingnya menjaga masa muda agar terbebas dari kenakalan remaja, sehingga ketika waktunya tiba, mereka siap menjalani pernikahan,” ujar Sekretaris Kecamatan Cilodong, Jarkasih seperti dikutip laman berita.depok.go.id, Rabu (15/07/20).

Jarkasih menyebut, program SPN merupakan kolaborasi dari unsur kecamatan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan dibantu oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK). Adapun materi yang disampaikan mulai dari reproduksi kesehatan hingga persiapan menjelang pernikahan.

“Materi disampaikan langsung oleh pihak Puskesmas dan Kader PKK. Kami berharap peserta SPN ini bisa menjadi jembatan dalam menyampaikan edukasi kepada remaja-remaja di wilayahnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kader PKK Kecamatan Cilodong Pokja 1, Nia Agustin menambahkan, salah satu materi yang diberikan adalah tentang memaknai sebuah pernikahan. Terdapat delapan poin yang dibahas, di antaranya membangun komitmen bersama dan  menjalin komunikasi antar pasangan.

“Terpenting juga menyiapkan finansial, membangun cinta, dan artinya keluarga. Semua ini harus bisa dipahami dengan baik, sehingga menghasilkan keluarga yang harmonis,” tandasnya.(mia)