DepokNews – Ratusan kendaraan terpaksa diputar balik ketika melintas di kawasan Depok. Kendaraan tersebut berasal dari luar Kota Depok. Diduga pengendara itu melintas Kota Depok karena hendak mudik.

“Sampai kemarin pukul 15.00 WIB sudah 596 kendaraan yang diputar balik, baik roda dua dan roda empat,” kata Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok AKP Reza Hafiz Gumilang, Selasa (11/5/2021).

Kendaraan yang diputarbalik rata-rata berasal dari Jakarta dan Banten. Mereka melintas Kota Depok untuk menghindari penyekatan yang dilakukan di wilayah perbatasan lainnya. Tujuan mereka antara lain ke wilayah di Jawa Barat.

“Rata-rata dari Jakarta dan Banten. Tujuan kebanyakan Cianjur, Sukabumi serta beberapa daerah di Jabar dan Jateng,” tukasnya.

Rata-rata pemudik itu mencuri waktu di jam tertentu untuk menghindari petugas. Namun petugas selalu siap siaga di sejumlah titik pantau sehingga warga yang nekat pun tetap terjaring dan diminta untuk putar balik. Anggota yang dikerahkan untuk berjaga di pos cek point sebanyak 160 personel.

“Biasanya mereka jalan itu di waktu menjelang sahur dan subuh. Atau ada juga yang saat tengah malam,” paparnya.

Selain meminta pemudik untuk putar balik, petugas juga melakukan rapid tes antigen secara random. Sejak enam hari lalu hingga hari ini hasilnya negatif. “Kami lakukan rapid tes antigen secara random saja. Selama enam hari ini semua hasilnya negatif,” pungkasnya.