DepokNews–Sebanyak 500 pelajar Sekola Menengah Atas (SMA)/sederajat mengikuti sosialisasi tahapan penyelenggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang diselenggarakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok.

Kepala Kesbangpol Kota Depok, Hakim Siregar mengatakan, ratusan pelajar ini merupakan pemilih pemula yang akan berpatisipasi dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok. Melalui sosialisasi ini diharapkan partisipasi pemilih meningkat.

“Pada Pemilihan Presiden dan Legislatif tahun lalu partisipasi pemilih pemula 3,5 persen, kami dorong untuk Pilkada tahun ini lebih tinggi tingkat partisipasinya,” kata Hakim usai kegiatan tersebut di Depok City Operational Room (DeCOR), Rabu (12/08/20).

Dijelaskannya, sosialisasi disampaikan secara dalam jaringan (daring). Meski demikian, imbuhnya, tidak menghilangkan esensi pendidikan kepemiluan terhadap pemilih pemula.

“Kami harapkan mereka juga menyampaikan ke teman sebaya yang lain tentang pentingnya partisipasi pemilih dalam Pemilu,” jelas Hakim.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Depok, Ahmad Soleh Firdaus Habibi menuturkan, berdasarkan data tahun sebelumnya, tingkat partisipasi pemilih di Kota Depok sebesar 56,10 persen. Sedangkan partisipasi pemilih pemula sebesar 3,5 persen.

Ahmad menambahkan, tahun ini pihaknya berusaha meningkatkan angka partisipasi pemilih dengan berbagai upaya. Salah satunya melalui sosialiasi.

“Dengan begitu mudah-mudahan tercapai target KPU Jawa Barat untuk partisipasi pemilih sebesar 77,15 persen,” pungkasnya