5 Tips Mudah Melindungi Ponsel dari Serangan Hacker

Posted on 7 views

Depoknews.id, Depok– Saat ini smartphone sudah tidak hanya berfungsi sekedar untuk menerima telepon dan melakukan panggilan serta mengirim pesan. Smartphone saat ini sudah seperti komputer yang bisa anda bawa kemana-mana.

Karena fungsinya sudah seperti komputer, banyak dari kita yang selalu menyimpan hal-hal yang penting di dalam smartphone. Padahal sekarang cukup banyak para hacker yang mencoba untuk mengincar data-data penting yang ada di dalam smartphone anda.

Dengan mudahnya para hacker mengincar data yang tersimpan dalam smartphone kamu, sudah sebaiknya kamu memberikan perlindungan lebih untuk smartphonemu, untuk menghindari serangan dari para hacker yang mengincar.

1. Menjaga Telepon Dengan Aman

Jika kita berbicara mengenai hacker, sudah pasti anda berpikir mereka adalah orang yang mencoba mencuri data-data dari balik komputer. Tetapi saat ini cukup banyak hacker yang mencuri handphone dengan merebutnya langsung dari tangan anda. Seolah-olah mereka mencuri handphone anda, padahal mereka mengincar data-data yang ada di smartphone anda.

Sehingga langkah pertama untuk memberikan perlindungan kepada ponsel anda adalah dengan memberikan perlindungan smartphone dari perlindungan sederhana. Genggamlah smartphone anda dengan lebih kencang saat berada di tempat-tempat umum dan juga buatlah data cadangan yang sudah anda simpan di laptop atau komputer pribadi anda. Sehingga anda masih bisa mengakases data tersebut, meskipun para pencuri berhasil mengambil smartphone anda.

2. Jangan Jadikan Smartphone Untuk Menyimpan Hal-Hal Penting

Di era saat ini, smartphone terkadang menjadi pilihan kita untuk menyimpan data-data penting, dan menggunakan sartphone untuk menyimpan dokumen penting. Saat ini smartphone sudah digunakan sebagai alat untuk melakukan kegiatan perbankan. Nah hal ini juga menjadi incaran para hacker yang mengincar data-data perbankan milik anda. Bahkan terkadang kita sering menyimpan segala pekerjaan pada smartphone. Sebaiknya jangan berikan kesempatan para hacker untuk membajak smartphone anda.

Ada baiknya, anda jangan mengakses informasi rahasia dengan smartphone anda. Sering-seringlah untuk membersihkan riwayat perambanan dan cache untuk mencegah hacker mendapatkan lebih banyak informasi dari anda.

3. Selalu Update Smartphone

Cara hacker membobol smartphone anda adalah dengan mencari celah kelemahan yang ada pada software dari smartphone anda. Celah yang memiliki lubang itu akan diperbaiki oleh vendor software untuk menutupi segala kelemahannya. Tapi untuk memperbaiki lubang-lubang dan melindunginya anda cukup sering-sering melakukan update pada smartphone anda. Semakin anda tidak pernah melakukan memperbarui smartphone, semakin mudah para hacker membobol smartphone anda.

4. Memanfaatkan Enkripsi

Enkripsi merupakan salah satu fitur ytang diberikan untuk melindungi smartphone anda dari keamanan yang lebih baik. Sehingga memang sangat penting, jika anda melindungi smartphone anda dari enkripsi. Banyak yang berpikir kalau enkripsi dan password adalah hal yang sama, padahal itu berbeda. Untuk itu anda bisa menggunakan enkripsi di smartphone anda melalui pengaturan yang ada di smartphone.

5. Hati-Hati dalam Menggunakan Wi-fi Umum

Terkadang kita dengan mudah dan senang mendapatkan wifi gratis di tempat-tempat umum. Padahal wifi gratis itu menjadi gerbang utama untuk para hacker dalam mencuri data-data yang ada dalam smartphone kamu. Selain wifi, bluetooth ditempat umum juga sangat rentan menjadi incaran para hacker. Ada baiknya anda jangan mudah menghubungkan wifi dan bluetooth di tempat-tempat umum.