5 Langkah yang Harus Kamu Lakukan Ketika Terjadi Kebakaran

Posted on

Depoknews.id, Depok– Kebakaran menjadi salah satu musibah yang paling ditakuti oleh banyak orang. Karena kebakaran bisa mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Mulai dari materi maupun kerugian non materi.

Kebakaran jika tidak ditangani dengan cepat bisa meludeskan seluruh bangunan dan isinya. Sehingga kita harus bisa bertindak cepat ketika melihat sumber api yang bisa menjadi kebakaran lebih luas.

Memang tidak ada yang menginginkan terjadinya kebakaran. Namun apabila kebakaran melanda, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan saat terjadinya kebakaran. Hal ini dilakukan agar kita bisa melakukan tindakan awal dan menyelamatkan diri serta barang-barang berharga dari kerugian yang lebih besar.

1. Tenang dan Jangan Panik

Biasanya baru melihat api sedikit, setiap orang akan panik. Kepanikan inilah yang membuat kita sulit dalam menyelamatkan harta benda yang ada. Memang sulit menghilangkan rasa panik ketika terjadinya kebakaran, tetapi ada baiknya kita tidak boleh panik.

Dengan pikiran yang tenang maka akan membuat kita lebih mudah untuk berpikir dalam mengambil tindakan yang lebih baik dalam menghadapi kebakaran. Karena biasanya kepanikan hanya membuat orang tersebut membahayakan dirinya sendiri.

Pikiran tenang akan membuat kita solusi dan mudah berpikir dalam menghadapi kebakaran. Biasakan lah untuk bersikap tenang ketika menghadapi hal-hal kecil.

2. Segera Mencari Sumber Api

Ketika kebakaran masih bisa ditangani oleh para warga atau oleh mu. Coba kamu carilah sumber api dan matikan sumber api. Mintalah pertolongan dengan beberapa orang, agar bisa menjangkau sumber api yang menyebabkan kebakaran meluas.

Biasanya kebakaran bersumber dari puntung rokok yang terkena sampah kering ataupun dari konseleting listrik. Untuk itu ada baiknya memang jangan suka membuang puntung rokok sembarangan dan cobalah gunakan peralatan listrik dengan bijak untuk menghindari kebakaran.

Meskipun kebakaran sudah terjadi, dan si jago merah belum mengamuk lebih luas lagi. Ada baiknya kamu dan beberapa warga untuk menangani sendiri dalam mematikan sumber api sebelum meluas dan menghanguskan bangunan-bangunan lainnya.

3. Selamatkan Seluruh Anggota Keluarga dan Selamatkan Barang-Barang Berharga

Jika misal rumahmu mengalami kebakaran, kamu harus bisa menginstruksikan kepada seluruh anggota keluarga yang ada didalam rumah untuk segera menyelamatkan diri. Serta minta mereka untuk menyelamatkan barang-barang berharga seperti surat-surat penting yang ada didalam rumah.

4. Matikan Listrik

Ketika kebakaran terjadi, setelah mendapatkan laporan pihak PLN akan mematikan aliran listrik disekitar lokasi kebakaran. Hal ini dilakukan untuk menghindari hubungan arus pendek dari listrik yang bisa menyebabkan kebakaran lebih meluas.

Ketika kebakaran terjadi maka kamu bisa meminta untuk mematikan listrik di rumahmu atau memberi tahu orang-orang sekitar untuk segera mematikan arus listriknya.

5. Segera Hubungi Pemadam Kebakaran

Hal ini sudah menjadi hal yang paling wajib dan diharuskan. Kamu harus bisa menghubungi pihak pemadam kebakaran. Karena inilah tugas mereka untuk memadamkan api hingga tuntas sehingga kebakaran tidak meluas dan kerugian bisa diminimalisir.