ilustrasi (istimewa)

Oleh : Siti Fatimah (Mahasiswi STEI SEBI)

Gajah mati meninggalkan gading,harimau mati meninggalkan belang dan manusia mati meninggalkan nama. Kalimat ini mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengarnya. Maksud dari pribahasa ini sendiri yaitu menjelaskan bahwa setiap sesuatu yang bernyawa , saat meninggal tentu akan meninggalkan sesuatu . Terkhusus manusia yang akan meninggal akan tetap meninggalkan mana , dimana dengan nama tersebut bisa menunjukan kepada yang baik maupun sebaliknya . Dan kebiasaan inilah yang kita kenal dengan akhlak .

Seorang muslim senantiasa di anjurkan untuk memiliki ahklak yang baik dan menjauhi ahklak yang buruk . Pentingnya ahklak dalam islam di sebutkan juga dalam hadist bahwa Rasulullah SAW diutus kepada kaumnya dan seluruh umat didunia adalah untuk memperbaiki ahklak manusia diman saat itu ahklak masyarakat terutama pada saat masyarakat jahiliyah masih jauh dari ahklak yang terpuji . sebelum kelahiran islam , kaum jahiliyah bertindak barbar tanpa aturan . Mereka juga memelihara ahklak buruk yang di jadikan kebiasaan . Mereka juga tidak segan untuk mengubur anak perempuannya dan mempelakukan orang lain terutama wanita dan budak dengan cara yang tidak baik .

Manurut istilah islam , ahklak diartikan sebagai sifat atau diperagai seseorang yang telah melekat dan biasayan akan tercermin dari prilaku orang tersebut . Seseorang yang memiliki sikaf baik biasanya akan memiliki peragai ahklak yang baik juga dan sebaliknya seseorang yang memiliki peragai yang tidak baik cenderung memiliki ahklak yang tercela .

Ahklak atau tingkah laku dalam islam merupakan hal yang sangat harus diperhatikan oleh setiap insan . Hal ini bukan hanya Karen ahklak akan menjadi kenangan saat seseorang itu telah tiada ,namun juga mnejadi faktor terlaksananya berbagai macam ibadah dengan baik yang akan dinilai langsung oleh Allah SWT . Maka dari itu memiliki ahklak yang bail itu merupakan kewajiban seluruh umat islam untuk mengusahakanya . Karena ahklak adalah penentu kebahagiaan dalam kehidupan seseorang . Derajat ahklak itu sendiri sangatlah tinggi di mata islam .

Sebagai seorang muslim hendaklah memiliki ahklak yang baik meliputi :

  1. Mengajak kepada kebaikan dan mencegah pada kemungkaran

Nabi SAW bersabda : “ Barangsiapa diantara kamu melihat kemungkaran hendaklah ia mencegah kemungkaran itu dengan tangan nya . Jik tidak mampu ,hendaklah mencegahnya dengan lisan . Jika tidak mampu juga , hendaklah ia mencegahnya dengan hatinya . Itulah selemah-lemahnya iman . “ (HR. Muslim ,no. 49 ).

  • Memberi nasehat antara sesama muslim

Rasulullah bersabda , “ Agama adalah nasehat . Kata kami berkata ,”kepada siapa ?”Beliau menjawab ,” kepada Allah , kepada kitab nya ,kepada Rasulnya  dan kepada pemimpin muslimin serta kaum muslimin secara umum .

  • Selalu bersyukur dan tidak kufur nikmat

Rasulullah SAW bersabda ,:Pandanglah orang yang ada dibawahmu (dalam masalah harta dan dunia )dan jangan lah engkau pandang orang yang ada diatas mu . Dengan demikian , hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nilmat Allah padamu .” (  HR. Muslim no. 2963)

  • Selalu berbagi dengan sesama atau bersikap dermawan

“ Sesungguhnya Allah maha pemurah menyukai kedermawanan dan ahklak yang mulia serta membenci ahklak yang rendah ( hina ) . “ ( HR. Bukhari, Muslim )

  • Mencintai dan mengasihi sesama

“ Tidaklah seorang diantara kalian dikatakan beriman hingga ia mencintai untuk saudaranya apa-apa yang ia sukai untuk dirinya sendiri .” ( HR. Bukhari)