33 Panwascam Dibekali 10 Materi Pemahaman Fungsi dan Tugas

Posted on 42 views
DepokNews- Sebanyak 33 Panitia Pemilihan Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Kota Depok, mengikuti bintek di Wisma Hijau selama tiga hari, 25-27 Oktober 2017.
“Pemberian bimtek agar panwascam mengerti memahami fungsi dan tugasnya,” jelas Ketua Panwaslu Kota Depok Dede Selamet Permana beberapa waktu lalu.
Melalui kegiatan bimtek ini seluruh anggota Panwascam dibekali 10 materi yang berkaitan dengan penyelenggaraan pengawasan pelaksanaan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2018, serta Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019.
“Sepuluh materi tersebut, mulai dari teknis pengawasan pemilu hingga penanganan pelanggaran. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan integritas kerja setiap anggota Panwascam,” kata Dede
Dede menuturkan, pengisi materi dalam kegiatan bintek tersebut diantaranya, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jabar, Ketua dan Anggota Panwaslu Depok. Selain itu, pemaparan materi juga disampaikan oleh unsur Kepolisian Resort Kota (Polresta) Depok bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Depok.
“Meskipun secara substantif mereka telah mengetahui tugas dan fungsi dari Panwascam, namun hal tersebut bertujuan untuk memperbarui informasi dan pengetahuan yang mereka punya,” tuturnya.
Dirinya menambahkan, setelah mengikuti pelaksanaan bintek tersebut, para anggota Panwascam dapat bekerja dengan optimal. Serta, mampu menjalin sinergitas dengan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) yang bertugas di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Depok.
“Tugas sebagai Panwascam tidaklah mudah. Karena itu, diperlukan kerjasama yang baik antara pengawas tingkat kecamatan dengan pengawas yang bertugas langsung di lapangan,” pungkasnya.(mia)