DepokNews–Sekitar 300 petugas Dinas Perhubungan akan diturunkan untuk mengatur lalu lintas pada malam tahun baru.

Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana kepada wartawan mengatakan
Dinas Perhubungan (Dishub) mencatat, sedikitnya ada 13 ruas jalan dan 23 persimpangan yang berpotensi menimbulkan kemacetan saat perayaan malam pergantian tahun di Kota Depok, Jawa Barat.

Sejumlah titik itu berada di beberapa jalan utama, seperti Jalan Margonda, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Nusantara, Jalan Tole Iskandar, Jalan Siliwangi dan kawasan Grand Depok City.

Dadang Wihana mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan volume kendaraan, pihaknya akan menyiagakan 300 petugas yang nantinya bakal bergabung dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Depok.

“Sejumlah wilayah itu yang kita lakukan penebalan personil,” katanya, Selasa 31 Desember 2019.

Dadang mengatakan, meski berpotensi terjadi kemacetan di sejumlah jalan tersebut, namun pihaknya tidak akan melakukan rekayasa lalu lintas.

“Perlu ditekankan tidak ada pengalihan arus lalu lintas atau rekayasa lalu lintas lain selama pergantian tahun, masih seperti biasa,” katanya.

Dirinya memprediksi, pergerakan masyarakat akan dimulai sekira pukul 18.00 WIB.

Untuk itu, ia pun menghimbau agar masyarakat dapat memaklumi dengan kepadatan yang terjadi pada jam-jam tersebut.

“Jadi sudah pasti ketika menjelang pergantian tahun biasanya crowded, untuk itu kelola hatinya ketika terjadi kemacetan, atau memang lakukan kegiatan pesta pergantian tahun dengan tetangga di pemukiman masing-masing tidak harus konvoi ke jalan-jalan,” ujarnya