DepokNews- Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jabar yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 hampir 30 persennya merupakan pemilih pemula. Karenanya, di bulan Maret ini, Agen Sosialisasi Kecamatan Sawangan membidik pemilih pemula untuk sosialisasi.

Agen Sosialisasi Kecamatan Sawangan, Sahroni mengatakan, berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, dari sekitar 32,5 juta pemilik hak pilih dalam Pilkada Serentak 2018, sekitar 30 persen di antaranya merupakan pemilih pemula.

“Dengan jumlah yang cukup banyak itu, KPU berupaya merangkul para pemilih pemula untuk turut menyukseskan Pilkada di Jabar. Demikian juga kami sebagai kepanjangan tangan KPU dalam hal sosialisasi, berkewajiban merangkul pemilih pemula,” kata Sahroni.

Bahkan, sambung Sahroni, Menurut Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat, suara dari para pemilih pemula turut berkontribusi dalam menghasilkan pemimpin yang berkualitas. Kemudian, dengan prosentase 30 persen dari 32,5 juta pemilih, artinya pemilih pemula punya nilai strategis dalam rangka menghasilkan pemimpin terpilih yang berkualitas dalam Pilgub Jabar 2018.

“Kami dari agen sosialisasi genjar melakukan sosialisasi ke pemilih pemula,” ujarnya.

Namun, lanjut Sahroni, pihaknya juga tetap melakukan sosialisasi ke semua segmen umur yang memiliki hak pilih pada 27 Juni 2018 mendatang.

“Jadi tiap ada kesempatan saya dan agen sosialisasi KPU lain pasti akan memberikan informasi terkait tahapan pemilu, jadwal pencoblosan, sudah terdaftar belum sebagai pemilih dan menginformasikan Paslon yang ikut Pilgub sesuai asas netralitas,” terangnya.

Untuk itu, ia berharap dapat memberikan kontribusi maksimal untuk menyukseskan Pilgub Jabar 2018, dengan kenaikan tingkat partisipasi masyarakat dan juga berlangsung kondusif.

“Suksesnya Pilgub kan tidak hanya tingkat partisipasinya meningkat, tapi juga kondusif. Mari lah gunakan hak suara untuk menentukan pemimpin Jabar periode 2018-2023,” tutup Sahroni.(mia)