Keterangan foto: Munheri Koto Fornas Panti LKSA PSAA menjelaskan alur proses Vaksinasi kepada anak anak membutuhkan perlindungan khusus di Mall ABC Taman Impian Jaya Ancol

DepokNews — Bertepatan dengan peringatan hari anak nasional (HAN),Ratusan anak-anak yatim dari berbagai Panti asuhan di Jabodetabek mengikuti pelaksanaan vaksinasi anak-anak yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Panti Akbar Alqi Bogor, Panti Al Farhan Depok, dan Anak-Anak Binaan Smart Ekselensia Indonesia Dompet Dhuafa.

Kordinator, Forum Nasional Panti PSAA LKSA, Munheri Koto mengatakan total anak-anak yang mengikuti pelaksanaan vaksin yaitu 278 anak.

“252 anak yang memiliki NIK dan 26 anak yang belum memiliki NIK dan proses pelaksanaan vaksinasi dilakukan di Sentra Vaksin Anak Ancol,” katanya melalui rilis yang diterima. Sabtu (24/7/2021).

Munheri mengaku sangat bersyukur atas pelaksanaan vaksin tersebut. Sebab anak- anak yang belum punya NIK sebelumnya merasa kecewa karena belum mengikuti vaksinasi.

“Jadi mereka agak kecewa sebelumnya karena teman-teman mereka semua berangkat vaksin dari panti, tapi mereka tidak. Namun atas kerja keras panitia bersama KPPPA, organisasi anak dan Danone sehingga anak-anak yang tidak memiliki NIK bisa mengikuti vaksin,” katanya.

Selain itu ia sangat mengapresiasi atas peran semua pihak yang mau peduli terhadap anak-anak yatim yang ada di setiap panti asuhan yang mengikuti pelaksana vaksin, pungkasnya

“Saya sangat mengapresiasi perjuangan dan berproses panjang bersama,yang harus dihargai. Semua paham anak-anak membutuhkan perlindungan khusus, butuh vaksin segera, karena situasi kehidupan mereka,” bebernya.

“Tadinya anak-anak sudah mendaftar,namun tidak bisa,karena syaratnya harus ada NIK. Tapi bersyukur akhirnya semua bisa vaksin, saya sangat mensyukuri. Ini menjadi diskresi dalam situasi darurat kesehatan anak,”pungkasnya.

Sementara sejumlah lembaga pendukung kegiatan tersebut yaitu KPPPA, KPAI, KBAI, Forum Nasional Panti LKSA PSAA, Disaster Manajemen Center Dompet Dhuafa, Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen, Danone, Aqua, Nutricia dan Sari Husada.