DepokNews–Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok kembali mengadakan Pelatihan Wirausaha Baru (WUB) Tahun 2019. Kegiatan yang diselenggarakan selama sebulan ini, diikuti 275 peserta yang dibagi dalam 11 kelas.

“Sengaja kita bagi per kelas, agar proses pembinaan bisa berjalan lebih efektif. Peserta juga jadi lebih fokus dalam menyerap materi,” kata Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan, di Gedung Balatkop, Kecamatan Sukmajaya, Rabu (13/03/2019).

Dikatakannya, ratusan peserta tersebut berasal dari 11 kecamatan. Sesuai dengan nama kegiatannya, Fitriawan menambahkan, segmen pesertanya adalah para pelaku usaha yang baru berkecimpung di dunia UMKM sekitar enam bulan sampai tiga tahun.

“Selain itu, yang masuk usaha mikro, perputaran omzetnya masih di bawah Rp 300 juta per tahun. Mudah-mudahan dengan pelatihan ini, berdampak positif terhadap kelangsungan usaha mereka,” ujarnya.

Dikatakannya, materi pelatihan berupa, pengembangan ide bisnis, mindset berwirausaha, dinamika kelompok, dan pengembangan jaringan UMKM. Kegiatan tahunan yang kali ketiga ini dilaksanakan, selain menghadirkan sejumlah pelaku usaha yang sudah sukses, juga tim pengajar kewirausahaan dari Provinsi Jawa Barat, sebagai pemateri.

Sementara itu, Tim UPTD Pelatihan Pendidikan dan Perkoperasian dan Wirausaha (P3W) Jabar, Febriana menuturkan, kiat menghindari kegagalan dalam berbisnis yang perlu diketahui pemula. Di antaranya memiliki motivasi yang kuat dalam berbisnis sekaligus meningkatkan keterampilan.

“Tumbuhkan minat dan kesenangan dalam berbisnis. Lebih utama dari itu, membangun kepercayaan kepada konsumen atau rekan bisnis, yaitu dengan memberikan pelayanan terbaik bagi klien,” ucapnya.

sumber: depok.go.id