DepikNews – Dari 120 kasur yang disediakan tempat isolasi Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19, Wisma Makara UI, semuanya sudah terisi.

Penanggung Jawab (Pj) Pelayanan Medis Wisma Makara UI, Titin Hardiana mengatakan, berdasarkan data terakhir pada Jumat (27/11) jumlah pasien di Makara totalnya mencapai 120 pasien OTG.

“Hari ini ada 18 pasien baru masuk, sebelumnya 102 orang. Jadi per hari ini full,” jelas Titin, Sabtu (28/11).

Titin melanjutkan, sudah ada 12 pasein yang keluar dari Wisma Makara UI. Pasien yang sudah keluar tersebut sudah selesai menjalani isolasi. Artinya sudah sepuluh hari dari saat mereka mendapat hasil swab.

“Kami tidak swab ulang, karena mereka kan OTG. Kami hanya cek kesehatan saja. Kalau dirasa sudah stabil, mereka sudah selesai isolasi kami perbolehkan pulang,” ujarnya.

Wisma Makara UI sangat cepat penuh karena memang demandnya banyak. Jadi, sangat wajar kalau cepat penuh. Karena masyarakat juga antusias akan pendirian tempat isolasi tersebut.

Titin berharap, semoga tempat isolasi di Kota Depok bisa bertambah. Karena kalau dilihat dari jumlah pasien OTG masih banyak yang memerlukan tempat isolasi seperti Wisma Makara UI.

“Perlu sih ditambah tempat isolasi di Depok,” tambahnya.

Saat ini sudah ada 24 pasien OTG yang waiting list atau menunggu untuk masuk ke Wisma Makara UI. Sebenarnya pihaknya sudah punya data berapa orang yang akan keluar di hari berikutnya.

Seperti pada Sabtu (28/11), kalau berdasarkan data akan ada delapan orang yang akan selesai masa isolasinya. Namun data tersebut belum pasti, karena masih akan ada cek kesehatan terlebih dahulu.

“Jadi nanti masih tergantung dari hasil cek kesehatan,” tukasnya.

Terpisah, Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Denny Romulo Hutauruk mengaku, hanya sisa lima kasur di lokasi tersebut petugas menjemput sekitar 17 pasien OTG.

“Itu perkembangan terbarunya. Baru kami rekap datanya tadi pukul 17.00 wib,” terang Denny.

Ia membeberkan, dari 120 kasur yang disediakan Makara UI, sampai saat ini sudah terisi 115 pasien. Namun, ada 18 pasien yang sudah selesai isolasi mandiri di lokasi tersebut, sehingga petugas mengantar kembali ke rumahnya masing-masing.

“Sejauh ini masih aman, karena ada yang dijemput dan ada yang selesai isolasi. Semoga masih menampung pasien OTG,” pungkas Denny. (Mia)