17 Kelurahan di Kota Depok Bebas Buang Air Sembarangan

DepokNews-Upaya pemerintah Kota Depok menjadi wilayah yang bebas buang air sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) 100 persen terus mengalami kemajuan. Hal tersebut terlihat dari capaian yaitu 17 kelurahan yang telah berstatus ODF terhitung sejak 2018-2020.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan bersama Perangkat Daerah (PD) terkait akan berupaya mengejar target yang telah ditentukan yaitu 48 persen di 2021. Namun capaian ODF saat ini sebesar 27 persen.

“Tahun ini, Alhamdulillah kami target selesaikan lima kelurahan ODF sehingga totalnya ada 17 kelurahan. Tahun depan 16 kelurahan lagi,” katanya Selasa (29/12/20).

Selanjutnya lima kelurahan yang telah diverifikasi untuk menjadi Kelurahan ODF yaitu, Kukusan, Tanah Baru, Kedaung, Cisalak, dan Pangkalan Jati. Namun demikian, imbuhnya, baru Kelurahan Kukusan yang seluruh rumah warganya sudah terakses septictank.

“Empat kelurahan lainnya akan berkomitmen menyelesaikan rumah yang belum ODF pada tahun 2021 dibantu Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim), sehingga akan diberikan sertifikat kelurahan ODF dengan catatan,” jelasnya.

Novarita menuturkan, terdapat beberapa kendala dalam mewujudkan kelurahan ODF. Salah satunya sinergisitas lintas sektor yang belum maksimal.

“Kemudian, belum adanya data yang akurat dan update terkait jumlah Kepala Keluarga (KK) yang belum terakses septictank, lalu belum ada pelaksanaan monev yang berkelanjutan dan komprehensif,” pungkasnya.