147 siswa SD di Beji Depok Ikut Lomba Pasanggiri

DepokNews –Sekitar 147 siswa Sekolah Dasar di lingkungan Kantor Unit Pelaksana Teknis Kecamatan Beji pada Kamis (30/3) mengikuti perlombaan Pasanggiri yang dipusatkan di SDN Kemirimuka 1.

Ketua panitia perlombaan Pasanggiri UPT TK SD Kecamatan Beji Engkoy Rokuyah kepada wartawan mengatakan pada tahun 2017 ini jumlah atau murid yang mengikuti perlombaan pasanggiri dikatakan meningkat dibandingkan pada tahun lalu.

“Kami nilai jumlah atau siswa yang ikut perlombaan pasanggiri jumlahnya meningkat, kalau tahun jumlah peserta kurang dari 100 peserta.

Engkoy menambahkan jumlah peserta bertambah dibandingkan pada tahun 2016 lalu disebabkan karena pihak panitia sebelum perlombaan melakukan juklak dan jukni kepada guru Bahasa Sunda di wilayah Beji.

Dia menambahkan setiap sekolah bebas mengirimkan siswanya sesuai dengan bidang yang diperlombakan pada perlombaan pasanggiri ini.

Di pasanggiri ini ada beberapa bidang yang diperlombakan seperti pupuh, dongeng, puisi, kawih dimana semuanya menggunakan bahas sunda.

Untuk dongeng panitia sudah mempersiapkan cerita yang akan didongengkan dihadapan dewan juri yang berkompeten di bidangnya.

Sementara dibidang penilaian dilihat dari bidang yang diperlombakan.

Penilaian di bidang lomba artukulasi mimik dan konotasi dan dongengnya
aksara dari kerapihan kecepatan
pakaian tidak diharuskan.

Kegiatan perlombaan ini merupakan agenda tahunan dari kelompok guru bahasa sunda yang bertujuan memperkenalkan budaya seni sunda kepada siswa sehingga budaya seni sunda ini terus dilestarikan dari ancaman budaya barat.

“Kita ini kan berada di Jawa Barat tanah Pasundan yang semestinya kita lestarikan seni dan budaya Jawa Barat ini dengan menggelar lomba pasanggiri,”katanya.

Di lokasi sama kepala UPT TK SD Kecamatan Beji Ardanih menambahkan siswa yang meraih juara pertama pada perlombaan pasanggiri maka akan menjadi wakil pasanggiri Kecamatan Beji di perlombaan pasanggiri tingkat Kota Depok yang rencananya akan dilaksanakan pada April atau Mei 2017 mendatang.