DepokNews –Tim Robot Java Knights asal Madrasah Technonatura, Kota Depok akhirnya bertolak ke Detroit, Amerika Serikat sebagai wakil dari Indonesia untuk mengikuti kompetisi First Robotics Competition (FRC) dalam event World Championship Robot 2019.

Tim Robot Java Knight mendapat tiket untuk kompetisi First Robotics Competition (FRC) 2019 lantaran mendapat penghargaan Allstar Rookie pada kompetisi Robotik Regional Pacific Selatan di Sydney, Australia 17 Maret 2019 lalu.

Kepala sekolah Madrasah Technonatura, Tras Rustamaji mengatakan, pihaknya hanya memiliki waktu satu bulan untuk melakukan persiapan mengikuti event ini, dari mulai persiapan dokument pelengkap keberangkatan hingga kesiapan mental siswa dan kelengkapan peralatan yang akan diperlombakan.

“Persiapankamihanya satu bulan, dalam satu bulan itu dipergunakan untuk mempersiapakan dokumen keberangkatan serta melakukan evaluasi dan penambahan fitur pada robot yang akan diperlombakan di detroit nanti agar lebih maksimal,” ujarnya.

Kompetisinya sendiri, nantinya akan berlangsung selama lima hari ditambah teknis yang lainnya mungkin bisa sekitar delapan hari totalnya, dan yang berangkat sebanyak 13 orang siswa serta 3 orang mentor pendamping.

Mudah mudahan tim yang berangkat dapat berupaya sebaik mungkin dan mendapatkan hasil yang maksimal, karena yang hadir dalam kompetisi tersebut merupakan para kontestan terbaik dari seluruh dunia yang lolos kualifikasi  sebelumnya.

Sementara itu ditempat yang sama, salah satu orang tua siswa yang anaknya termasuk dalam tim tersebut, R. Basuki mengatakan bahwa dirinya sangat merasa bangga karena anaknya dapat terpilih sebagai salah satu anggota tim dan mengikuti event tersebut.

“Pastinya sangat bangga anak saya dapat terpilih sebagai anggota tim dan mengikuti event tersebut, mudah mudahan dengan begitu anak saya dapat belajar dan lebih terpacu untuk berusaha semaksimal mungkin agar dapat meraih hasil yang maksimal,” katanya.