(Foto : Para pelajar SD sedang antrian untuk mengambil buku dari mobil perpustakaan keliling).

DepokNews– Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kota Depok, Siti Chaerija mengungkapkan bahwa hasil surver 2018 di Kota Depok minat baca mencapai 63,96 %. Berdasarkan angka tersebut Kota Depok masuk menjadi kategori baik dalam hal minat baca.

“Allhamdulillah itu capai yang luar biasa. Tapi kami akan terus tingkatkan supaya lebih baik lagi, “katanya.

Sementara itu, Kabid Perpustakaan, Catur mengatakan dalam meningkatkan minat baca di Kota Depok pihaknya terus melakukan sinergitas dengan keluarga dunia pendidikan, swasta serta masyarakat.

” Jadi di Perda Kota Depok No. 1 tentang pembudayaan minat baca masyarakat. Makanya berdasarkan perda tersebut Kami terus melakukan sinergitas dengan semua elemen. Langkah itu kamis lakukan agar minat baca semakin meningkat,”katanya.

Selain itu langkah lainnya yaitu melakukan pembinaan kepada perpustakaan di setiap sekolah agar pengelolaan berbasis otomatis Inlislite.

” Kami sudah membina Perpustakaan sekolah dengan jumlah sdh 27 Sekolah. Dan Allhamdulillah saat ini pengelolaannya sudah berbasis otomasi inlislite. Dimana pengolahan buku sudah tertata dengan sistim index sehingga memudahkan mencari cari dan menemukan kembali, “tambahnya.

Selanjutnya dari sisi taman baca bagi masyarakat, Kota Depok sudah memiliki 104 taman baca mandiri (TBM) yang menginisiasi gerakan literasi di 11 Kecamatan Kota Depok.”

“Kami terus menggenjot agar gerakan literasi di tiap wilayah terus berjalan dan Allhamdulillah saat ini terus naik minat baca kita, “pungkasnya

Catur juga membeberkan bahwa pihaknya juga menyediakan 4 armada mobil yang setiap hari berkeliling ke setiap wilayah di Kota Depok.

” kita punya target 4 mobil tersebut mampu mencapai 500 lokasi yang harus dikunjungi. Contohnya seperti sekolah SD, SMP , Puskesmas, Pasar, Pesantren, taman-taman Kota seperti lembah Gurame, Taman Merdeka dan CFD pada hari minggu di GDC, “tuturnya.