Babershop yang kini diberi police line (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

12 Pria yang Diduga Pengrusak Babershop di Beji Diamankan

Posted on 1,594 views
DepokNews- Sebanyak 12 pria yang diduga pelaku pengroyokan dan pengrusakan di sebuah barbershop yang berlokasi di Jalan Mandor Samin RW 11 Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji pada Minggu (1/4/2018) malam, telah diamankan polisi.
Kapolres Depok Kombes Pol Didik Sugiarto menjelaskan, saat ini para terduga pelaku sudah berada di Polresta Depok untuk dimintai keterangan terkait peristiwa tersebut.
“Kita lakukan pemeriksaan untuk mengetahui siapa yang terkait atau diduga sebagai pelaku dan siapa yang jadi saksi,” jelas Kapolres.
Kapolres menambahkan penyidik terus mengumpulkan fakta-fakta yang ada berdasarkan alat bukti yang dikumpulkan.
“Akan dilihat masing-masing perannya.
 Kami masih mempunyai waktu yang cukup untuk memeriksa mereka. Penyidik akan bersikap tegas untuk melakukan proses hukum kepada siapa saja yang terlibat dalam peristiwa ini,” tambahnya.
Terkait geng motor, ia menuturkan pihaknya masih mendalami apakah termasuk geng motor atau bukan.
“Yang jelas mereka komunitas, masih kita dalami apa mereka komunitas tertentu atau melakukan kegiatan lain. Ini masih berproses apakah ada pelaku lain selain 12 orang ini,” tutur Kapolres.
Dirinya mengatakan para terduga pelaku akan diklarifikasi terkait data diri. Hal ini dilakukan untuk mengetahui usia para terduga pelaku.
“Untuk usia akan kita klarifikasi dengan data-data diri baik KTP dan KK. Nantinya kita mengkontruksikan hukum acara apa yang akan diterapkan. Kalau dia dewasa diterapkan hukum acara pidana, sedangkan kalau usia dibawah dewasa hukum acara anak,” katanya.
Selain mengamankan para terduga pelaku, pihaknya juga mengamankan empat unit sepeda motor.
“Kami amankan empat unit sepeda motor yang digunakan mereka dalam melakukan aksi,” pungkasnya.
Sebelumnya aksi pengroyokan dan pengrusakan sebuah barbershop terekam oleh CCTV. Dalam rekaman CCTV yang terpasang di dalam toko terlihat sekelompok pemuda yang masuk ke dalam dan merusak toko. Selain itu mereka juga terlihat menyerang orang yang ada di dalam.
Aksi brutal itu terekam selama kurang lebih dua menit. Tampak segerombolan pemuda masuk ke dalam barbershop. Kemudian mengeroyok dua orang yang ada di dalam. Bahkan salah satu orang diseret keluar oleh kelompok tersebut.
Usai melakukan pengroyokan, mereka meninggalkan toko dengan menggunakan sepeda motor. Kata-kata makian dan umpatan juga terlontar. Video rekaman CCTV tersebut sempat viral di media sosial. Warganet pun mengecam aksi brutal yang dilakukan puluhan pemuda tersebut.(mia)