DepokNews- Lomba Sinergitas diadakan di masing-masing kecamatan, untuk menciptakan berbagai inovasi serta menjalin sinergisitas dengan seluruh pihak terkait (stakeholder). Guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, inti dari lomba itu adalah untuk memotivasi para camat dan aparaturnya, agar melakukan berbagai inovasi dalam memaksimalkan pelayanan kepada warga.

“Meskipun sebenarnya yang akan dinilai adalah camatnya, tetapi nanti melibatkan seluruh stakeholder  yang ada,” jelas Idris.

Mohammad Idris menjelaskan, terdapat beberapa hal dalam mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan tingkat kecamatan. Pertama, pelimpahan sebagian kewenangan otonomi daerah kepada camat. Kedua, memberikan peluang ke kecamatan untuk menyusun usulan-usulan teknis yang didukung pendanaan berdasarkan kinerja.

Kemudian, yang ketiga, implementasi dari perencanaan disesuaikan dengan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah. Keempat, peningkatan manajemen dan gagasan pelayanan publik.

“Peningkatan manajemen pelayanan publik juga perlu dilakukan, karena kita masuk dalam 100 kota percontohan Kota Cerdas (Smart City). Tentunya implementasi Kota Cerdas ini tidak hanya di tingkat kota, tetapi juga di tingkat kecamatan dan kelurahan supaya pelayanan masyarakat lebih efektif dan efisien,” terangnya.

Dirinya berharap, lomba tersebut dapat menjadi wahana pembinaan dan peningkatan sistem akuntabilitas instansi pemerintah. Serta dapat menggerakkan partisipasi seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan di tingkat kecamatan.

“Mudah-mudahan juga dapat memotivasi kita untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pelayanan dan pemberdayaan, demi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.(mia)