Pemilihan Gubernur Jabar (Istimewa)

105 Orang Daftar Calon Panwascam Untuk Pilgub Jabar

Posted on 4 views
DepokNews- Sebanyak 105 orang telah mendaftar sebagai calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), untuk pilgub Jabar 2018 nanti. Pendaftaran yang di perpanjang sampai tangg 5 Oktober 2017 ini, sebelumnya ditutup pada 30 September.
Ketua Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan, Ellyas Tanta Ginting menjelaskan ada tiga kecamatan yang kurang calon panwascam. Maka, pendaftaran diperpanjang. Ketiga kecamatan itu adalah Cilodong, Cinere dan Cipayung. Nanti masing-masing kecamatan akan ada sembilan orang.
Ellyas melanjutkan, setelah pendaftaran akan ada ferivikasi administrasi. Setelah itu masuk tahap kedua, tes tertulis mengenai pemahaman aturan kepemiluan dan tugas Panwas/KPU. Lalu masuk enam besar dan dilakukan sistem passing grade enam nila tertinggi untuk ke tahap selanjutnya di fit n proper test.
“Kita dapat tiga orang untuk setiap kecamatan, yang nanti ditetapkan sebagai panwascam. Kami haral semua selesai di akhir Oktober,” jelasnya.
Tugas panwascam ini, lanjut Ellyas, adalah mengawasi seluruh tahapan pemilu ditingkat kecamatan. Diharapkan publik memberi tanggapan calon yang tes tertulis, sehingga Panwaslu Kota Depok mengetahui rekam jejak calon panwascam.
“Publik bisa info ke kita. Karena sebagai anggota panwascam tidak boleh pengurus partai, kader,sayap partai. Juga perilaku calon di masyarakat. Harus punya integritas dan Indepedensi,” ungkap Ellyas.(mia)