DepokNews–Sekitar 1000 Sekolah yang ada di Kota Depok sudah ditetapkan sebagai Sekolah Ramah Anak.

Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin usai menghadiri kegiatan Deklarasi Sekolah Ramah Anak PAUD di Aula Serbaguna, lantai 10, Gedung Dibaleka II,  mengatakan
Dinas Pendidikan Kota Depok menargetkan di tahun 2020, seluruh sekolah di Kota Depok telah menjadi Sekolah Ramah Anak.

Saat ini dari total 1.775 sekolah yang ada, sebanyak 1.000 sekolah telah ditetapkan sebagai SRA.

“Pencanangan SRA ini sudah kita mulai sejak tahun 2017. Hingga sekarang sudah 1.000 sekolah yang telah berstatus sebagai SRA. Mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga SMA,” tuturnya.

Dikatakan Thamrin, untuk menjadi SRA terdapat enam komponen yang harus dipenuhi.

Di antaranya, komitmen dari pihak sekolah, kesiapan tenaga pendidik, proses pembelajaran yang bisa meningkatkan semangat siswa, sarana prasarana (sarpras), hingga partisipasi dari peserta didik melalui berbagai prestasi yang diberikan.

Dalam pembentukan SRA ini tidak hanya berkaitan dengan kesiapan sarpras, tetapi ada beberapa hal yang juga diperhatikan.

Di lokasi sama, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini Kota Depok, Elly Farida menambahkan pembentukan Sekolah Ramah Anak  di Kota Depok tidak cukup hanya dilakukan dengan deklarasi bersama, melainkan juga dibutuhkan komitmen dari seluruh pihak terkait agar SRA dapat diterapkan dalam program pembelajaran di sekolah.

Mulai dari sekolah, guru, dan juga orang tua peserta didik.

“Deklarasi memang perlu kita lakukan sebagai dukungan dalam pembentukan SRA. Tetapi, yang utama dari itu adalah komitmen dari tiga pilar ini yaitu sekolah, guru, dan juga orang tua untuk bekerja sama guna memenuhi hak-hak anak,”katanya.

Dia.mengatakan, untuk meningkatkan SRA khususnya lembaga PAUD, pihaknya juga bersama dinas terkait terus melakukan berbagai langkah konkret.

Mulai dari sosialisasi SRA hingga pembinaan kepada para guru dan orang tua agar penyelenggaraan SRA dapat berjalan maksimal.

Saat ini dari total 775 lembaga PAUD, sekitar 400 yang telah ditetapkan sebagai Sekolah Ramah Anak.

Dirinya juga berpesan kepada lembaga PAUD di Kota Depok untuk semangat dalam memberikan pendidikan yang berkualitas kepada anak-anak di Kota Depok. Terutama dengan terus meningkatkan mutu pendidikan di lembaganya masing-masing.

“Kami berharap dengan berbagai upaya yang dilakukan, SRA semakin bertambah di Kota Depok,”katanya.