10 Lokasi di Depok Jadi Fokus Dinkes Tangani Stunting

DepokNews- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok fokus 10 lokasi khusus untuk menurunkan stunting di kota tersebut.

Lokasi tersebut antara lain, Kelurahan Serua, Pangkalan Jati Baru, Bojongsari, Pasir Putih dan RangkapanJaya. Selanjutnya di Kelurahan Bedahan, Depok, Duren Seribu, Cisalak Pasar dan Mekarjaya.

“Ada 10 kelurahan yang masuk lokasi khusus penanganan penurunan stunting di Depok di 2021,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita, Selasa (30/6).

Lokasi khusus yang ditetapkan dalam program penurunan angka stunting jelas dia,
Karena lokasi itu masih ditemukan kasus stunting. Dengan demikian, perlu dilakukan perbaikan dan menjalankan program pendukung.

“Untuk program pendukung yang akan dilakukan pada lokus tersebut antara lain, meningkatkan intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif, pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita. Serta pemeriksaan ibu hamil secara intens, ” kata Novarita.

Sambungnya, akan dilakukan pemberian tablet tambah darah kepada remaja putri dan ibu hamil, dan pemulihan bagi anak gizi kurang.

“Kami juga bakal melakukan peningkatan penyediaan air minum dan sanitasi, peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan. Lalu peningkatan kesadaran dan komitmen untuk ibu dan anak,” tambahnya.

Novarita berharap dalam memaksimalkan program penurunan kasus stunting mendapat dukungan dari seluruh pihak, termasuk perangkat daerah terkait. Selain juga dukungan dari masyarakat agar programnya berjalan maksimal.(mia)