1.424 peserta se-Indonesia Ikuti Ujian SIMAK UI 2018

DepokNews—Sekitar 31.424 peserta mengikuti Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) yang dilaksanakan secara serentak di 13 kota di Indonesia pada Minggu (13/5).

Kepala Humas dan KIP Universitas Indonesia Rifelly Dewi Astuti mengatakan
31.424 peserta  terdiri atas peserta ujian program pendidikan D3 hingga S3.

Adapun program studi yang dibuka pada SIMAK UI 2018 bagi lulusan SMA/Sederajat adalah 13 program studi Vokasi (diploma tiga)  dan 35 program studi Paralel.

Para siswa/i SMA/sederajat akan bersaing memperebutkan lebih kurang 791 bangku untuk Vokasi dan Sarjana Paralel.

Pada program pendidikan Vokasi, Akuntansi menjadi program studi yang paling diminati terbukti sebanyak 1.310 memilih jurusan tersebut sedangkan pada Program S1 Paralel, pendaftar terbanyak adalah program studi Ilmu Hukum dengan jumlah peminat sebanyak 5.724 peserta.

Lebih lanjut, pada program Magister (S2), program studi yang paling diminati adalah Magister Manajemen.

“Dalam upaya pemerataan kesempatan belajar di UI, maka SIMAK UI dilaksanakan secara serentak di beberapa kota di Indonesia, sehingga siswa atau siapapun yang ingin masuk UI dapat mengikuti seleksi di beberapa lokasi kota terdekat tanpa harus datang ke Kampus UI Depok”,katanya.

Adapun pelaksanaan ujian SIMAK UI 2018 dilaksanakan di sekolah-sekolah yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, yakni: DKI Jakarta (Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat), Depok, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Makasar, Medan, Padang dan Palembang.

SIMAK UI 2018 merupakan penyelenggaraan SIMAK UI yang ke-sepuluh semenjak pertama kali dilaksanakan pada 2009. Hasil ujian SIMAK UI 2018 akan diumumkan pada 6 Juli 2018.

SIMAK UI adalah program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan oleh UI untuk semua program pendidikan dari jenjang Vokasi (Diploma 3), Sarjana (S1) Kelas Paralel, Sarjana Kelas Internasional, Sarjana Kelas Ekstensi, Profesi, Magister, Spesialis, dan Doktoral (S3).

Melalui SIMAK UI, para calon mahasiswa program Vokasi dan Sarjana diperkenankan memilih lebih dari satu hingga maksimal enam program studi dengan sekali pendaftaran dan ujian.

Materi ujian pada SIMAK UI 2018 bagi Program Pendidikan Vokasi dan Sarjana Kelas Paralel adalah sebagai berikut: Kelompok IPA: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris (Kemampuan Dasar) dan  Matematika IPA, Fisika, Kimia dan Biologi (kemampuan IPA).

Kelompok IPS: Kemampuan Dasar dan Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi (Kemampuan IPS). Kelompok IPC: kemampuan IPA, kemampuan IPS dan kemampuan Dasar.

Sedangkan materi soal program pascasarjana dan profesi adalah Pengukuran Kemampuan Akademik (biasa dikenal sebagai TPA) dan Bahasa Inggris.