Ternyata Warna Lidah Mengandung Banyak Arti Kesehatan Loh!

0
makna warna lidah bagi kesehatan

Depoknews.id, Depok – Lidah merupakan salah satu bagian dari tubuh yang berfungsi sebagai indera pengecap rasa, seperti rasa manis, asam dan asin. Namun ada hal lain yanng belum kita ketahui tentang lidah loh sob!

Ternyata warna lidah dapat menjadi indikator kondisi kesehatan, diketahui Lidah merupakan gabungan otot yang kaya akan pembuluh darah, sehingga ketika terjadi perubahan tekstur, kelembaban, dan warna padanya menunjukkan adanya masalah kesehatan sobat.

Nah, tentu sobat Depok makin penasaran tentang makna dari warna lidah yang mungkin sering dialami oleh sobat Depok. Berikut adalah 6 makna warna lidah bagi kesehatan:

Makna Warna Lidah Merah

Panas abnormal yang dihasilkan dalam tubuh kita menimbulkan lidah berwarna merah. Lidah berwarna merah juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin dan demam berdarah. Oleh karena itu, penuhi nutrisi kamu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B-12 dan vitamin B3.

Makna Warna Lidah Kuning

Lantas apa yang menyebabkan warna lidah kuning? Lidah kuning terjadi karena pembentukan jamur pada permukaan lidah karena kurangnya menjaga kebersihan mulut. Maka dari itu, pastikan sobat selalu membersihkan lidah ketika menggosok gigi setelah makan.

Makna Warna Lidah Hitam

Lidah berwarna hitam bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan kamu tengah dalam bahaya. Lidah hitam juga bisa disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk. Hal ini kemungkinan karena bakteri dan jamur berkembang subur di permukaan lidah sehingga membuat lidah berwarna hitam.

Selain penyebab di atas, kebiasaan merokok, sering minum kopi dan kerap mengkonsumsi makanan yang tidak sehat juga dapat berkontribusi terhadap masalah kesehatan ini. Usahakan untuk membersihkan lidah saat menyikat gigi sama seperti masalah lidah kuning sebelumnya.

Makna Warna Lidah Cokelat

Selanjutnya adalah makna lidah berwarna cokelat, singkat saja ya sob! Lidah berwarna coklat menjadi tanda-tanda awal kanker kulit yang disebut melanoma. Jika pada lidah kamu terdapat bintik coklat yang perlahan-lahan berubah menjadi gelap, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Makna Warna Lidah Putih

Seperti apa ya kondisi kesehatan kita saat lidah kita berwarna putih? Penyebab yang muncul sangatlah beragam. Dehidrasi, sariawan atau infeksi jamur dan leukoplakia (pertumbuhan sel-sel pada permukaan lidah yang berlebihan, umumnya pada perokok) adalah sejumlah alasan mengapa lidah kamu berwarna putih. Adapun cara mengatasinya yaitu dengan minum banyak air putih dan menjaga kebersihan mulut.

Makna Warna Lidah Ungu

Makna lidah yang berwarna ungu dapat menjadi pertanda penyakit dan masalah kesehatan, seperti bronkitis kronis, kadar kolesterol tinggi dan asupan makanan dingin. Untuk mengatasinya, konsumsilah bawang putih dan jahe untuk mengembalikan warna lidah kamu menjadi merah muda.

 

SHARE

NO COMMENTS

Leave a Reply