UI Berkomitmen Terus Mengedepankan Konsel Ramah Lingkungan

0
Suasana kampus Universitas Indonesia (Istimewa)

DepokNews- Sebagai kampus hijau, Universitas Indonesia (UI) berkomitmen untuk terus mengedepankan konsep ramah lingkungan. Salah satunya adalah dengan wacana pembatasan kendaraan bermotor untuk masuk area akademik. UI nanti akan membuat parker vertical yang terpusat di sisi utara kampus tepatnya di dekat asrama mahasiswa. Rencananya, gedung parker bersama ini akan dibangun satu hingga dua tahun ke depan.

“Rencananya nanti dibangun empat lantai untuk gedung parker. Jadi parker terpusat disana,” kata Direktur Pengelolaan dan Pemeliharaan Fasilitas UI, Gandjar Kiswanto saat pengumuman UI GreenMetric 2016 di Depok.

Luas bangunan diperkirakan mencapai 30.000 m2. Tiap lantai memiliki luas 150×50 meter dengan total penampungan seluruh lantai hingga ribuan kendaraan. Rinciannya, untuk mobil sebanyak 2.000 kendaraan dan motor sekitar 1.000 unit.

“Pembangunan direncanakan tahun depan dan selambat-lambatnya tahun 2018,” ungkapnya.

Dasar pembuatan parker bersama ini untuki mengurangi lalulintas kendaraan di area akademik. Kemudian mengurangi resiko kecelakaan serta resiko kehilangan kendaraan. Dikatakana bahwa setiap hari ada 2.500 kendaraan yang parker di UI.

“Dan selama ini parkiran yang dipakai adalah parkiran didasar. Dengan parker bersama otomatis lahan yang digunakan berkurang,” ungkapnya.

Jika parker bersama ini sudah selesai maka seluruh kendaraan wajib parker disana. Kemudian unutki mengakses area akademik akan dilanjutkan dengan bus yang disediakan oleh kampus atau dengan sepeda yang tersedia.

“Ini berlaku bagi mahasiswa, dosen serta rector juga,” tandasnya.

Menuju ke tahap UI bebas kendaraan bermotor, pihak UI juga berupaya mempersiapkan system transportasi yang menunjang. Sehingga aktifitas dalam kampus tidak terganggu.

“Ini prosesnya bertahap. Pertama kalau sudah dibangun gedung parker bersama jadi kendaraan tidak boleh masuk. Kalau semua sudah terbangun barulah bisa dilakukan pembatasan kendaraan. Kampus ini tidak didesain untuk mahasiswa membawa mobil,” kata Rektor UI, Muhammad Anis.

Bahkan pihaknya bermimpi untuk memiliki monorel yang bisa diakses warga UI. Semua itu namun perlu dibangun dalam waktu lama dan panjang.

“Saat ini kami mempersiapkan pondasinya dulu saja. Mimpi itu bisa direalisasikan secara bertahap,” tandasnya.(mia)

SHARE

NO COMMENTS

Leave a Reply