Spesial, Universitas Gunadarma Luluskan Doktor IT Ke-100

0
Doktor Dyah Nur'ainingsih (nomor 3 dari kiri) foto bersama kelaurga dan beberapa anggota tim penguji

DepokNews — Universitas Gunadarma hari ini, Rabu (16/11/2016) meluluskan Doktor IT yang ke-100 dalam sebuah sidang terbuka promosi Doktor IT di Kampus D, Universitas Gunadarma, Jalan Margonda Depok.

Adapun mahasiswa yang beruntung sebagai Doktor IT urutan ke-100 dari Universitas Gunadarma tersebut adalah Dyah Nur’ainingsih, perempuan kelahiran Madiun, 4 Januari 1972, yang saat ini juga sebagai dosen di Universitas Gunadarma.

Dalam sidang terbuka promosi Doktor IT tersebut ia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Desain Back End Control untuk Sensor yang Tertanam Pada Tag RFID Pasif 13.56 MHz Berbasis Teknologi CMOS 0.35 um Proses” dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Menanggapi lulusan Doktor IT yang ke-100 ini, dalam sambutannya Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM yang juga sebagai pemimpin sidang terbuka tersebut memberikan apresasi kepada Dyah Nur’ainingsih yang telah berhasil meraih gelar Doktor IT lulusan ke-100.

“Saya ucapkan selamat atas prestasi Anda meraih gelar akademik tertinggi dalam dunia pendidikan, sebagai seorang doktor, Anda Doktor IT ke-100 dari Universitas Gunadarma, angka 100 merupakan angka yang spesial,” katanya.

Sebelumnya, Profesor Ir. Busono Soerowurdjo, MSc, PhD sebagai Promotor dalam sambutannya juga menyampaikan, Doktor Dyah Nur’ainingsih merupakan Doktor IT yang spesial karena merupakan Doktor IT yang ke-100 dari Universitas Gunadarma.
“Angka 100 angka yang spesial, mata uang kita paling kecil 100 paling tinggi juga 100, 100 ribu, dalam hitungan prosentase patokannya 100 persen, 100 bahasa mandarinnya cepek,” kata Profesor Ir. Busono Soerowurdjo setengah bercanda.

Dyah Nur’ainingsih meraih gelar doktor dengan Promotor: Profesor Ir. Busono Soerowurdjo, MSc, PhD, Ko Promotor: Doktor Eri Prasetyo Wibowo dan Doktor Hamzah Afandi.

Pada sesi sebelumnya dihari dan tempat yang sama, Universitas Gunadarma juga baru saja meluluskan Doktor IT ke-99 atas nama Aqwam Rosadi Kardian. Ia juga berhasil lulus sebagai Doktor IT dengan predikat sangat memuaskan setelah sukses mempertahankan disertasinya yang berjudul “Optimalisasi Implementasi Perhitungan Fitur Tekstur, Varians dan Skewness Secara Real Time Pada Perangkat FPGA”

Aqwam Rosadi Kardian meraih gelar doktor dengan Promotor Profesor Doktor Sarifuddin Madenda, Ko Promotor Doktor Lingga Hermanto dan Doktor Sunny Arief Sudiro.

Sebelumnya depoknews.id memberitakan, menurut Ketua Program Doktor Universitas Gunadarma, Profesor Doktor Sarifuddin Madenda, Universitas Gunadarma berhasil mendapatkan akreditasi A untuk progam doktor IT. Akrediatasi A tersebut diperoleh sejak Desember 2015. Penilaian ini dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

“Sejak awal berdirinya program doktor IT di Universitas Gunadarma sudah tiga kali akreditasi, yang pertama C yang kedua dapat B dan yang sekarang A jadi ada peningkatan dari satu akreditasi ke akreditasi berikutnya,” katanya.

Untuk program doktor, lanjutnya, yang paling utama adalah kualitas penelitian yang dilakukan para mahasiswa, hasil riset tersebut dipublikasikan secara internasional untuk diakui secara internasional.

Menurut Profesor Doktor Sarifuddin Madenda banyak poin yang dinilai untuk mencapai akreditasi A tersebut.
“Penilain akreditasi meliputi fasilitas, sumber daya, kegiatan akademik, pengabdian ke masyarakat sampai dengan kegiatan penelitian, semuanya ada tujuh standar penilaian,” tambahnya.

Dengan diperolehnya akreditasi A tersebut, menurutnya, doktor IT Universitas Gunadarma menunjukan kualitasnya dan diakui secara nasional maupun internasional dan siap bersaing dalam dunia internasional. (muj).

SHARE

NO COMMENTS

Leave a Reply