Sobat Depok! 5 Kata Ini Perlu Kamu Ketahui

0
Sumber foto : nranisha-blogspot-co-id

depoknews.id, Depok – Kata dalam bahasa asing kini populer di masyarakat. Kata asing tersebut berkembang seiring dengan globalisasi. Tapi, tahukah kamu bahwa kata asing yang sering kita gunakan memiliki kata dalam Bahasa Indonesia? Berikut ini depoknews akan mengulas 5 kata Bahasa Indonesia yang perlu kamu ketahui.

1. Swafoto (Selfie)

Sumber foto : focusmagazine-org
Sumber foto : focusmagazine-org

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ‘selfie’ versi Bahasa Indonesia adalah ‘swafoto’. Swafoto adalah kegiatan memotret diri sendiri menggunakan kamera digital ataupun kamera.

2. Daring (Online)

Sumber foto : gimnazija-poljane.com
Sumber foto : gimnazija-poljane.com

Menurut http://kbbi.kemdikbud.go.id kata daring berarti dalam jaring(an), terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Kata daring sudah dipakai di berbagai media cetak maupun online.

3. Perundungan (Bullying)

Sumber foto : wikimedia-org
Sumber foto : wikimedia-org

Kata Bullying mungkin lebih populer dibandingkan kata ‘perundungan’. Perundungan artinya suatu perlakuan yang mengganggu, mengusik terus-menerus dan juga menyusahkan.

4. Rana (Shutter Speed)

Sumber foto : kelasfotografi.com
Sumber foto : kelasfotografi.com

Menurut wikipedia Rana atau penutup (en:shutter) dalam istilah fotografi adalah tirai pada kamera yang menutupi permukaan atau sensor foto. Jika tirai ini terbuka maka akan terjadi pajanan pada permukaan film atau sensor foto tadi.

Awalnya rana dibuat dari lempengan logam, namun kebanyakan kamera modern menggunakan penutup yang dibuat dari kain untuk mengurangi berat kamera dan untuk mendapatkan kecepatan rana yang lebih tinggi. Penutup yang terbuat dari kain memiliki kekuatan sekitar 50,000 hingga 200,000 kali proses buka-tutup (melakukan pajanan). Kain penutup yang aus atau rusak bisa dengan mudah diganti di pusat layanan purna jual merek kamera yang bersangkutan.

5. Gawai (Gadget)

Sumber foto : tribunnews-com
Sumber foto : tribunnews-com

Bila kita membaca arti gawai di wikipedia (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya. Perbedaan gawai dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kebaruan berukuran lebih kecil.

Itulah 5 kata dalam Bahasa Indonesia yang perlu kita ketahui. Sobat Depok! Mari kita junjung Bahasa Indonesia.

SHARE

NO COMMENTS

Leave a Reply