Semangat Luar Biasa, Usia 52 Tahun Tavipia Raih Gelar Doktor dari Gunadarma

DepokNews — Mahasiswa sekaligus dosen Universitas GUnadarma, Tavipia Rumambi semangat belajarnya patut menjadi contoh. Meski tidak tergolong muda, Tavipia yang lahir di Jakarta, 17 Agustus 1964 berhasil meraih gelar doktor teknologi informasi dari Universitas Gunadarma.

Tavipia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “ALGORITMA EKSTRAKSI FITUR SKELETON STRAIGHT LEG RAISE UNTUK UJI KOMPRENSI AKAR SYARAF SCIATICUS PADA BACK PAIN” dalam sidang terbuka promosi doktor di Universitas Gunadarma, Rabu (15/11/2016) dan dinyatakan lulus dengan predika sangat memuaskan.Penelitian tersebut terkait dengan perangkat lunak pada salah satu bidang kedokteran untuk menguji kompresi akar syaraf scaticus pada Low Back Pain (LBP).

responsive

Dalam sidang terbuka tersebut Tavipia berhasil menjawab berbagai pertanyaan dan sanggahan dari tim penguji, bahkan beberapa tim penguji memberikan apresasi atas semangatnya dalam melakukan penelitian sampai ke Thailand.

“Saya mengucapkan selamat kepada Anda yang saat ini menjalani sidang terbuka program doktor. Semangat Anda luar biasa, sebelum sampai ketahab sidang terbuka ini kami sudah memberikan kepada Anda untuk membuat beberapa tulisan dan semua bisa Anda kerjakan denga cepat,” kata Ko Promotor, Doktor Eri Prasetyo Wibowo.

Sedangkan Tavipia dalam sambutannya setelah menyandang gelar doktor mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT dan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kesempatan dan memberikan semangat hingga ia meraih gelar doktor dan berharap penelitiannya bisa bermanfaat bagi dunia kedokteran.

“Saya merasa bersyukur atas kelulusan ini, semoga penelitian ini bisa bermanfaat,” katanya.

Rasa sykukur dan bahagia juga sangat dirasakan oleh sang suami Tavipia, Iman Harwanto yang setia menyaksikan sang istri menjalani sidang terbuka tersebut.

Menurut Iman, semangat sang istri dalam belajar salah satunya atas dukungannya beserta anak-anaknya. “Saya sebagai suami dan juga anak-anak selalu membantu dan memberi dukungan pada istri dalam melakukan penelitian,” kata Iman.

Menurut Iman, disamping usaha keras keberhasilannya juga tidak lepas dari doa yang selalu dipanjatkan.
“Sebagai seorang muslim kami yakin akan kekuatan doa, kami selalu berdoa, melakukan sholat tahajud untuk mohon diberikan kemudahan,” tambahnya.

Tavipia Rumambi meraih gelar doktor dengan Promotor: Profesor Doktor Sarifuddin Madenda, Ko Promotor : Doktor Eri Prasetyo Wibowo dan Doktor Hustinawaty. Tavipia Rumambi merupakan doktor IT ke 97 lulusan Universitas Gunadarma.

responsive