Nama-Nama Pahlawan Nasional Dalam Uang Baru

0

Depoknews – Akhir tahun 2016 Bank Indonesia meluncurkan uang baru dengan design dan warna yang menarik, masyarakat pun sudah bisa menukar uang lama dengan uang baru. Peresmian peluncuran uang baru ini di resmikan oleh predisen jokowidodo (19/12/2016).

Selain design dan warna yang baru dan menarik ada jugabeberapa perubahan dalam gambar-gambar pahlawan dalam pecan uang baru tersebut. Adapun 12 pahlawan nasional dimasukan dalam sebelas pecahan uang antara lain.

Untuk gambar Soekarno-Hatta, BI menampilkannya pada uang pecahan kertas Rp 100 ribu. Untuk uang Rp 50 ribu ada gambar Djuanda Kartawidjaja, pahlawan pengukuh kedaulatan Indonesia.

Berikutnya dipecahan uang kertas baru Rp 20 ribu ada gambar Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau biasa dikenal Sam Ratulangi, Gubernur pertama Sulawesi.

Dipecahan uang Rp 10 ribu ada gambar Frans Kaisepo pahlawan Kemerdekaan Indonesia. Kemudian dipecahan uang baru Rp 5 ribu ada wajah tokoh Nahdlatul Ulama, KH Idham Chalid.

Sementara pecahan uang kertas Rp 2 ribu menampilkan wajah Mohammad Husni Thamrin. Kemudian pada uang kertas Rp 1000 ditampilkan pahlawan asal Aceh, Cut Nyak Meutia.

Selanjutnya pada uang pecahan logam baru Rp 1000 BI juga menampilkan desain wajah tokoh I Gusti Ketut Pudja, pahlawan asal Bali yang juga pahlawan penentu kemerdekaan

Berikutnya pada logam Rp 500 ada Letjen TNI T.B Simatupang, sementara di uang logam Rp 200 terpampang KH Cipto Mangunkusumo, dan di uang logam Rp100 rupiah terpampang Herman Johanes yakti seorang pejuang paripurna Indonesia.

SHARE

NO COMMENTS

Leave a Reply