4 Tips Untuk Sobat Depok Yang Meniggalkan Rumah Kala Liburan

Depoknews.id, Depok – Beberapa artikel sebelumnya, Depoknews telah mewartakan kepada sobat Depok yang ingin menikmati wisata di dalam kota. Lain hal dengan artikel kali ini, kami akan memberikan tips untuk sobat Depok yang hendak menikmati liburan di luar kota.

Liburan panjang juga ternyata membuat sebagian orang atau suatu keluarga sudah menentukan sejak jauh hari kemana akan pergi. Berbagai persiapan dan kesiapan sudah dilaksanakan, kini tinggal menentukan kapan ingin berangkat.

adsense-fallback

Bagi yang menggunakan transportasi pribadi pasti tidak perlu khawatir kapan ingin berangkat, namun bagi sobat Depok yang menggunakan kendaraan umum tentu harus mengikuti jam-jam yang sudah ditentukan.

Namun, ada hal lain yang tak kalah pentingnya yaitu memastikan kesiapan dan keamanan rumah saat ditinggal liburan. Berikut adalah 4 tips untuk sobat Depok yang mau meninggalkan rumah saat liburan:

1. Pastikan Semua Jendela Dan Pintu Terkunci

Tips yang paling awam dan paling utama adalah memastikan sobat telah mengunci semua jendela dan pintu rumah. Meskipun tips paling sederhana, namun faktanya masih banyak orang yang kelupaan untuk menguncinya sehingga tak heran banyak perampokan rumah kosong terjadi di Depok.

2. Pastikan Kompor Gas Sudah Dimatikan

Tips berikutnya adalah termasuk yang tak kalah penting, ini sering dialami oleh semua orang. Mula penyebab ini adalah karena sebelum berangkat kamu tengah menhidupkan kompor. Untuk itu disarankan sebelum pergi liburan, pastikan kompor gas sudah dalam keadaan mati alias tidak beroperasi.

3. Jangan Tunjukkan Bahwa Rumah Sedang Kosong

Hindari mengundang perhatian para pencuri dengan menunjukkan bahwa rumah kamu sedang dalam keadaan kosong. Menghidupkan semua lampu rumah dan membiarkannya tetap menyala di siang hari justru akan membuat orang lain tahu bahwa rumah sedang kosong.

Jika ingin menyalakan lampu di malam hari, sebaiknya kamu menggunakan lampu yang waktu nyalanya bisa diatur. Aturlah agar lampu menyala di malam hari dan mati di siang hari. Selain itu, letakkanlah beberapa sepatu di depan pintu rumahmu untuk menunjukkan bahwa sedang ada orang di dalam rumahmu.

4. Titip Kepada Petugas Keamanan

Berikutnya adalah tips tambahan untuk sobat Depok. Beritahukan kepada satpam sekitar lingkunganmu bahwa kamu sekeluarga akan pergi mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Jadi jika ada sesuatu yang janggal atau melihat orang yang mencurigakan berada di sekitar rumahmu, mereka bisa segera bertindak karena sudah tahu bahwa kamu dan keluarga sedang pergi. Setidaknya satpam dilingkunganmu bisa membantu mengawasi rumahmu.

 

 

adsense-fallback