Ternyata Inilah Manfaat Jengkol Yang Sobat Depok Sukai

0

Depoknews.id, Depok – Sejumlah masyarakat daerah di Indonesia sangat menyukai jengkol. Bahkan tidak ketinggalan di kota Depok, jengkol sering diolah dan dijadikan sebagai menu pelengkap pada nasi uduk.

Semur jengkol dan jengkol balado adalah dua menu olahan jengkol yang sering kita temui. Meski menurut beberapa orang, setelah makan jengkol akan menimbulkan aroma yang khas. Tahukah sobat Depok? Ternyata jengkol selain nikmat juga memiliki manfaatnya, inilah manfaat dari jengkol.

1. Untuk Mengatasi Sembelit

Sembelit yang terlalu sering akan membahayakan kesehatan tubuh karena sembelit dapat mengakibatkan terjadinya kanker usus besar. Manfaat dari jengkol tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi jengkol secara langsung.

2. Untuk Diabetes

Tentu saja cara menurunkan gula darah dengan mengkonsumsi jengkol harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat. Salah satunya dengan mengurangi makanan yang memiliki kandungan zat gula tinggi. Jika Anda penggemar minuman dan makanan yang manis, maka Anda dapat menggantinya dengan gula jagung. Dengan melakukan pola hidup sehat, maka manfaat dari jengkol dapat optimal.

3. Untuk Jantung

Karena adanya kandungan mineral yang tinggi pada jantung. Jenis penyakit jantung koroner lah yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi jengkol. Jantung koroner terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah.

Penyempitan tersebut tentu saja akan membuat aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Kandungan mineral pada jengkol akan membuat pembuluh darah tidak mengalami penyempitan kembali.

4. Untuk Ibu Hamil

Yaitu sangat baik untuk pertumbuhan tulang pada janin dan juga dapat mencegah terjadinya sembelit. Kandungan kalsium pada jengkol memang cukup tinggi. Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang, termasuk tulang pada janin. Selain kalsium, kandungan serat pada jengkol juga sangat tinggi.

Itulah keempat manfaat jengkol yang bisa kita pelajari manfaatya.

SHARE

NO COMMENTS

Leave a Reply