Kancil Pocin Tanam 390 Pohon di Bantaran Sungai Ciliwung

0
Penanaman pohon bersama (Istimewa)

DepokNews- Komunitas Anak Ciliwung (Kancil) Pindok Cina tanam 390 pohon, dalam peringatan Hari Pohon di bantaran sungai ciliwung Pocin. Diantaranya pohon yang ditanam adalah, pohon mahoni, alpukat dan sukun. Hal ini juga bertujuan
menyebarluaskan semangat kepedulian terhadap Sungai Ciliwung, di Pos Pantau Kancil, Jalan HM Thohir, RT 04/01, Kelurahan Pondok Cina.

Ketua Karang Taruna Pondok Cina, Hendra mengatakan, untuk konservasi alam khususnya di DAS Ciliwung wilayah Pondok Cina, maka gerakan penanaman pohon dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan berbagai pihak, antara lain, Kancil Pondok Cina, Koramil 02/Beji, Camat Beji, Anggota DPRD Kota Depok T. Farida Rachmayanti, Lurah Pondok Cina, LPM Pondok Cina, Ketua Sekber, Babinkamtipmas Pondok Cina, Ketua Karang Taruna Kecamatan Beji, Ketua RW 01.

“Jadi Kancil merupakan komunitas pemuda yang ada di Pondok Cina yang menginduk ke Karang Taruna Pondok Cina. Kami ingin melakukan kegiatan yang mendukung konservasi alam khususnya di DAS Ciliwung Pondok Cina,” kata Hendra.

Lebih lanjut, ungkapnya, sekitar 100 masyarakat ikut dalam kegiatan penanaman pohon tersebut. Dia pun mengungkapkan, berbagai komunitas juga ikut serta dalam penanaman tersebut, antara lain komunitas Jankrik, Perdana, Binangkit, FAB, Oper6, Dpra Forkabi Pondok Cina, Katar unit 09, katar Unit 05, Dpra FPI Pondok Cina, Katar kelurahan Kemiri Muka, Katar Kelurahan Tanah Baru, Sekber Ciliwung, FKH, BLH, Kabeda.

“Menanam harus melibatkan masyarakat, gaungnya jadi lebih besar dan lebih berdampak,” ucapnya.

Dia pun berharap, agar kelestarian alam bisa terus diperjuangkan bersama, guna memberikan keadilan kepada alam yang telah memberikan kontribusi secara gratis kepada manusia selama hidup.

”Tak ada yang paling hebat dari pada kekuatan semangat secara bersama-sama,”ujarnya.

Sedangkan, Pembina Kancil, Sahrizal berharap, kedepan agar Kancil memiliki perahu sendiri. Agar Kancil bisa lebih mudah dalam berpatroli dan berkegiatan di Sungai Ciliwung.

“Iya, untuk patroli dan berkegiatan yang berhubungan dengan Ciliwung. Kami juga berkeinginan ada donator buat renovasi Pos Pantai Ciliwung Kancil,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Pondok Cina, Hendra Pradesa menambahkan, bahwa DAS Ciliwung yang ada di Pondok Cina masih termasuk asli kelestariannya. Untuk itu, pihaknya terus akan melestarikan dengan penanganan melindungi kawasan konservasi alam tersebut. Terutama dengan penanaman pohon mendukung gerakan penetapan DAS Ciliwung.(mia)

SHARE

NO COMMENTS

Leave a Reply