Apa Penyebab Haid Tak Kunjung Berhenti?

Apa Penyebab Haid Tak Kunjung Berhenti ?

Dear dokter, saya berpergian keluar negeri dan sekembalinya ke Jakarta, saya menstruasi tidak kunjung berhenti selama 2 minggu, padahal seminggu sebelumnya saya baru saja selesai menstruasi, ini adalah pengalaman pertama saya dok, bisakah diterangkan apa yang saya alami dan bagaimana solusinya?

responsive

Diana, Depok

Jawaban:

Bu Diana yang baik. Yang ibu alami saat ini tentunya membuat ibu merasa tidak nyaman. Keluarnya darah seperti haid yang ibu alami belum tentu haid, perdarahan ini dapat berasal dari vagina, mulut rahim, ataupun rahim (uterus).

Yang paling sering memang dari dalam rahim. Perdarahan dari rahim dapat disebabkan oleh penyebab organik atau fungsional. Penyebab organik contohnya kehamilan, tumor (seperti mioma), atau penebalan dinding dalam rahim. Sedangkan, untuk penyebab fungsional adalah yang terkait dengan gangguan hormonal.

Untuk bisa memberikan terapi yang tepat tentunya harus dipastikan dulu masalah dan penyebabnya. Cara memastikannya dengan melakukan beberapa pemeriksaan, misalnya untuk kemungkinan kehamilan dilakukan pemeriksaan urin (test pack), untuk tumor rahim dilakukan pemeriksaan ginekologis dan USG.

Berkaitan dengan penanganan atau terapinya tentunya tergantung penyebabnya. Jadi, sebaiknya bu Diana konsultasikan langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan menyeluruh, karena kalau dibiarkan perdarahan dalam waktu yang cukup lama dapat mengakibatkan anemia pada ibu.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga dapat membantu. Terima kasih dan salam. (EN)

dr. Erni Nurrahmi S. P, SpOG Spesialis Kebidanan & Kandungan di RS Meilia Cibubur  

—————————————————————————————-

Kolom #DokterMenjawab ini diasuh oleh RS.Meilia Cibubur Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@depoknews.id  

responsive