Ancaman Pohon Tumbang di Musim Hujan, DLHK Depok Lakukan Pemeliharaan Pohon

DepokNews- Musim hujan yang tengah berlangsung disertai angina kencang kerapkali terjadi saat ini, dan hal tersebut harus diwaspadai. Pasalnya, cuaca yang tak menentu ini kerapkali menyebabkan robohnya pohon yang bisa mengancam pengguna jalan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Etty Suryahati mengatakan bahwa pihaknya terus melaksanakan pemeliharaan pohon-pohon pinggir jalan di Depok terus dilakukan, khususnya di titik-titik yang rawan. Pihak DLHK tiap harinya menurunkan tiga regu yang beroperasi mulai pukul 7 pagi sampai 3 sore, dilanjutkan pukul 3 sore sampai 12 malam.

responsive

“Mereka melakukan pengawasan ke pohon-pohon yang sudah rindang untuk segera dipangkas, titik-titik yang rawan diantaranya adalah jalan raya bogor dan tanah baru yang banyak pohon,” jelas Etty.

Dirinya meminta masyarakat mewaspadai pohon-pohon tua yang rawan roboh. Pohon-pohon yang umurnya sudah tua sangat rentan roboh dan membahayakan bagi warga khususnya pengendara di jalan, apalagi saat ini cuaca hujan cenderung berangin kencang.

“Namun bukan saja karena usia pohonnya sudah tua, bisa saja pohonnya masih kuat tapi karena kencangnya angin menyebabkan ranting-rantingnya roboh bahkan tumbang,” bebernya.

Beliau juga mengimbau kepada masyarakat Depok agar tak sungkan melaporkan ke DKP jika ada pohon yang berpotensi roboh. Menurutnya, laporan warga sangat dibutuhkan oleh pihaknya untuk meminimalisir kemungkinan buruk dari tumbangnya pohon di sepanjang jalan Depok.

“Saya meminta kepada masyarakat untuk segera memberitahukan jika ada pohon yang berpotensi membahayakan, agar dapat langsung kami tindaklanjuti,” tutupnya.(mia)

responsive