5 barang sehari-hari ini ternyata bisa kadaluwarsa

0

Depoknews – Kita hanya tau biasanya makanan yang ada kadaluarsanya, tapi ternyata barang – barang yang kita gunakan sehari –hari juga bisa kadaluara, Meskipun tak tertera di produk atau kemasannya. Jangan tunggu sampai rusak, sebab masa pakai barang-barang ini ternyata jauh lebih singkat daripada yang kamu duga. Jika terus-menerus dipakai bisa menjadi sarang kuman, bahkan menularkan penyakit.

Berikut ini beberapa barang sehari-hari yang miliki masa pakai paling singkat, dilansir Mirror UK.

Sisir – 1 tahun

Sisir bisa menjadi sarang kuman dan menyebabkan ketombe karena jamur atau bahkan infeksi pada kulit. Selain dibersihkan setiap 1 minggu, kita juga harus mengganti sisir setiap tahun.

Sisir yang terbuat dari bulu sikat lembut memiliki masa pakai yang lebih pendek, yaitu sekitar 7 – 10 bulan.

Handuk – 1 sampai 3 tahun

Meskipun rajin dicuci, handuk tetap harus diganti setiap 1 sampai 3 tahun sekali. Pasalnya, proses pencucian biasa pun tidak dapat menghambat perkembangbiakan bakteri pada serat-serat handuk.

Sikat gigi – 3 bulan

Mungkin kamu sudah tahu kalau sikat gigi harus sering diganti. Tetapi tahukah kamu, sikat gigi yang dipakai selama kita terserang flu atau penyakit karena virus lainnya harus diganti begitu kita sembuh? Dengan cara ini kita tidak akan tertular lagi.

Sandal kamar – 6 bulan

Sandal kamar yang tertutup dan sering kita pakai setelah keluar dari kamar mandi juga bisa menjadi tempat berkembang biak sempurna bagi jamur dan bakteri. Cuci setiap 2 minggu sekali atau ganti dengan yang baru setelah 6 bulan pemakaian.

Spons – 2 minggu

Spons, beauty blender, dan shower puff yang sering kita pakai bisa menjadi sarana penyebaran jamur dan kuman yang memicu jerawat. Cuci barang-barang ini 1 atau 2 minggu sekali. Ganti dengan yang baru setelah 3 atau 4 bulan.

SHARE

NO COMMENTS

Leave a Reply