Wujudkan Smart City Pemkot Depok Jalin Kerjasama Dengan Universitas Gunadarma

Rektor Universitas Gunadarma dan Walikota Depok saat menandatangani MOU DepokNews -- Universitas Gunadarma, Universitas swasta ternama...

Rektor Universitas Gunadarma dan Walikota Depok saat menandatangani MOU


DepokNews -- Universitas Gunadarma, Universitas swasta ternama di Indonesia, yang salah satu kampunya berada di Kota Depok digandeng oleh Pemerintah Kota Depok sebagai mitra untuk mewujudkan Depok sebagai kota cerdas atau Depok smart city.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerjasama Universitas Gunadarma-Pemkot Depok di bidang Smart City, dilakukan di aula Kampus D Universitas Gunadarma, Kamis (10/08/2017). Pada saat penandatangan tersebut sekaligus dilakukan seminar nasional smart city dengan tema " Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah Mewujudkan Smart City"


Doktor Prihandoko memberikan paparannya
Seminar tersebut diikuti para mahasiwa dan dosen serta secara teleconference diikuti Kopertis wilayah IX Makasar Sulawesi.Seminar ini menghadirkan nara sumber Prof. Dr. A. Benny Mutiara, Sekjen Aptikom, Prof. Dr. Suhono Harso Supangkat, Ketua Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas, K.H. Dr. Mohammad Idris, Walikota Depok dan Dr.  Prihandoko, Ketua UG-CSSC.

Rektor Universtas Gunadarma  Prof. Dr. E.S. Margianti yang secara resmi membuka acara tersebut menerangkan, pihaknya telah lama fokus dengan implementasi smart city di Depok."Dengan smart city, maka roda pemerintahan lebih mudah berjalan dan masyarakat juga merasakan manfaatnya. Bagaimana memperdayakan aset yang ada untuk mengatasi berbagai masalah," katanya.


Peserta seminar memenuhi aula

Sedangkan Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, keberadaan perguruan tinggi di Kota Depok harus membawa dampak yang positif dalam meningkatkan kecerdasan masyarakat. 

“Kami menjalin MoU dengan perguruan tinggi yang ada di Kota Depok seperti Universitas Gunadarma (UG), serta Universitas Indonesia (UI) untuk memberdayakan SDM yang berkualitas dan unggul. Hal ini yang menjadi landasan utama untuk mewujudkan suatu kota yang cerdas,” jelas Mohammad Idris.

Mohammad Idris juga menuturkan, keberadaan perguruan tinggi juga dapat terlibat dalam tim Depok Smart City. Dengan adanya tim tersebut, maka dapat berperan untuk melakukan percepatan dalam merealisasikan program Depok Smart City.

“Kebetulan ketua dari tim ini adalah Doktor Prihandoko, yang juga berasal dari kalangan akademisi di Universitas Gunadarma. Tentunya hal ini sangat positif untuk sama-sama saling berkolaborasi dalam menyukseskan program tersebut,” terangnya.


Para nara sumber foto bersama

Di tempat yang sama, Ketua Tim Depok Smart City, Prihandoko menjelaskan, terdapat sembilan langkah kolaborasi yang dapat dilakukan antara perguruan tinggi dengan Pemkot Depok. Diantaranya, dengan menjalin MoU antara Pemkot dan perguruan tinggi, mendirikan Pusat Studi Smart City di setiap perguruan tinggi, serta membentuk tim Smart City.

“Kalau di Universitas Gunadarama sendiri, kami telah membentuk tim Universitas Gunadarma Center for Smart and Sustainable City  (UG-CSSC). Keberadaan tim ini diharapkan dapat menjadi langkah awal sebagai lembaga pusat studi yang mengkaji terkait Smart City di Universitas Gunadarma,” jelasnya.

Doktor Prihandoko yang juga Ketua tim UG-CSSC tersebut menambahkan, keberadaan perguruan tinggi juga harus dapat menjadi pemecah solusi terhadap berbagai permasalahan Kota. Serta melakukan berbagai penelitian yang hasilnya dapat membawa dampak yang positif bagi terwujudnya Smart City di Kota Depok.

“Hal-hal inilah yang pada akhirnya akan mendorong terciptanya koordinasi serta kolaborasi yang baik antara Pemkot bersama dengan perguruan tinggi untuk berkolaborasi dalam menyukseskan Depok Smart City,” tandasnya.

Semangat Pemerintah Kota Depok menjalin kerjasama dengan Universitas Gunadarma untuk mewujudkan smart city mendapat apresiasi dari mahasiswa, yang juga hadir sebagai peserta dalam seminar ini.

"Dengan kemajuan teknologi, pelayanan pemerintah bisa lebih cepat dan efektif, jadi masyarakat bisa merasakan langsung manfaatnya. Saya merasa senang bisa mengikuti acara seminar smart city ini," kata Adinda, mahasiwa Universitas Gunadarma yang mengambil jurusan teknik informatika.

Pada awal acara Keetua Panitia Dr. Teddy Oswari mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak sehingga acara tersebut bisa berlangsung.
"Terima kasih, semoga acara ini bisa secara nyata mendukung terwujudnya Depok sebagai smart city" katanya

COMMENTS

Nama

# Hut Depok,1,# Kriminal,8,# Lingkungan,4,# Palestina,1,# Pilgub Jabar,3,# PKK,1,Adv,2,ahok,1,al fatihah,1,al quran,2,alumni smp 2 depok,1,anak,1,bakso babi,1,bakso babi hutan,1,bakso celeng,1,bakso oplosan,1,baznas,2,Bisnis,41,Bom,1,Citizen Journalism,1,Cuaca,2,Deddy Mizwar,1,depok,1,Depok Raya,49,Depok Terkini,1,dodol betawi,1,Ekonomi,3,features olah rasa,1,gas,1,Gaya Hidup,12,geng motor,2,hacker,1,Halal,1,Headline,104,hidup sehat,13,Hikmah,5,Hotel,1,hukum,1,i,1,idNSA,1,ilmu tajwid,1,Ilustrasi,2,imigrasi,1,Ine hardiyati,1,Internet,3,itc depok,1,jabar,1,jembatan ambles,1,jembatan pitara ambles,1,jembatan sengon,1,Kec. Beji,8,Kec. Bojong Sari,1,Kec. Cimanggis,2,Kec. Cinere,1,Kec. Limo,4,Kec. Pancoran Mas,8,Kec. Sawangan,4,Kec. Sukmajaya,4,Kec. Tapos,1,kecantikan,12,Kekerasan Pada Wartawan,1,Kesehatan,39,khitanan massal,1,Kirimal,14,knpi,1,komputer,2,Komunitas,27,komunitas hacker,1,koni,2,kriminal,12,kuliner,1,Kuliner,18,Lalu Lintas,20,legen,1,liburan,1,lintasan tajwid,2,Makanan,1,media sosial,3,mengajari anak,1,menjaga kesehatan,4,metro,2,Metro Depok,657,mi mengandung babi,1,mi samyang,2,miras,2,Mobil,2,motor,1,Motor,1,mudik,4,nasio,1,nasioanl,5,Nasional,65,netty heryawan,1,nurul fikri,1,Ojek Online,1,Olahraga,1,Opini,20,Oto Tekno,2,Parenting,10,Pendidikan,79,Peristiwa,246,peristiwaIlustrasi,1,persada,1,pilgub dki,1,Pilgub Jabar,1,pilkada2017,1,pilkadadki2017,1,Politik,14,ppdb,1,produk unggulan depok,1,Promo,3,Ragam,107,Ramadhan,137,Remaja Islam,2,Reses DPRD,1,ridwan kamil,1,rki,1,rs meilia depok,1,Rumah Keluarga Indonesia,1,sandiaga uno,1,sejarah,2,smpit nurul fikri,1,Sosmed,1,surah al kautsar,1,Tagihan,1,tajwid,2,tas diduga bom,1,Teknologi,8,Tempat Nongkrong,1,tertinggi nilai rata-rata un,1,Tokoh Depok,1,Traveloka,1,ukm,1,UMKM Depok,1,Wisata,4,Wisata amp; Kuliner,4,Zakat,1,
ltr
item
Depok News: Wujudkan Smart City Pemkot Depok Jalin Kerjasama Dengan Universitas Gunadarma
Wujudkan Smart City Pemkot Depok Jalin Kerjasama Dengan Universitas Gunadarma
https://2.bp.blogspot.com/-HLhP3pqSOyY/WYw5esvGZII/AAAAAAAADoE/r7GoLFG5qioa1p2v8P4oWJuannPmbeXlQCLcBGAs/s400/P_20170810_100257.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-HLhP3pqSOyY/WYw5esvGZII/AAAAAAAADoE/r7GoLFG5qioa1p2v8P4oWJuannPmbeXlQCLcBGAs/s72-c/P_20170810_100257.jpg
Depok News
http://www.depoknews.id/2017/08/wujudkan-smart-city-pemkot-depok-jalin.html
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/2017/08/wujudkan-smart-city-pemkot-depok-jalin.html
true
3114477243298442110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy