Mahasiswa Universitas Gunadarma Ciptakan Robot yang Mampu Bicara dan Kejar Bola

Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti  berkomunikasi dengan Robot Ryuji DepokNews-- Tim Robotic Universitas Gunadarma ...

Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti  berkomunikasi dengan Robot Ryuji


DepokNews-- Tim Robotic Universitas Gunadarma mampu menciptakan robot cerdas pemberi informasi yang diberi nama Robot Ryuji. Robot ini mampu menerima intruksi dari operator dalam bentuk kalimat atau bahasa, baik menjawab pertanyaan maupun melakukan beberapa gerakan.

Kemampuan robot Ryuji didemokan saat seminar ilmiah "Desiminas hasil kerjasama penelitian antara mahasiswa Universitas Gunadarma dengan Universitas ESIGELEC Perancis". Seminar ini digelar di Kampus D Universitas Gunadarma, Jalan Margonda Raya Depok, Rabu (9/8/2017). 

Robot yang mampu kejar bola


Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti secara resmi membuka acara tersebut sekaligus mencoba mengoperasikan Robot Ryuji dengan memberikan beberapa pertanyaan dan memerintahkan robot tersebut untuk bergerak.

"Who are you, who is the rector of the university gunadarma," tanya rektor pada Robot Ryuji yang dijawab dengan benar. 

Disamping dilakukan demo Robot Ryuji yang mampu berbicara, pada seminar tersebut juga dilakukan demo robot yang mampu mengejar bola serta demo roket yang mampu terbang ke angkasa, namun karena demo didalam ruangan roket tersebut terpaksa harus dipegang supaya tidak merusak eternit gedung.

Para nara sumber saat memberikan materi seminar


Dosen Universitas Gunadarma yang juga salah satu pembicara dalam seminar tersebut, Dr. Eri Prasetyo Wibowo menjelaskan, kerjasama Universitas Gunadarma dengan  Perguruan tinggi dari berbagai negara sebagai salah satu bukkti nyata kualitas Universitas Gunadarma diakui dunia internasional.

"Sebelum universitas dari luar negeri tersebut melakukan kerjasama, mereka sudah mempelajari kredibilitas Universitas Gunadarma. Kerjasama tersebut juga bukan hanya di atas kertas namun secara nyata diimplementasikan melalui pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, pertukaran penelitian, seminar bersama dan kegiatan lainnya," jelas Dr. Eri Prasetyo.

Menurut Dr. Eri Prasetyo Universitas Gunadarma sudah menjalin kerjasama dengan berbagai universitas dari berbagai negara seperti, Perancis, Cina, Ubekistan, Kanada, Thailand, Jepang dan 
Bosnia.

Hal senada juga dikatakan Dr. Purnawarman Musa yang juga sebagai nara sumber dan pernah mengharumkan nama Indonesia dengan berhasil meraih juara 2, Lomba Roket CanSat International Competition 2016 di Mongolia.

"Kami akan terus melakukan penelitian dan menjalin kerjasama dengan berbagai universitas sehingga prestasi robot atau roket karya mahasiswa Universitas Gunadarma bisa terus berkompetisi secara nasional dan internasional dan bisa menjadi pemenang," katanya optimis.

Sedangkan ketua panitia seminar Dr. Emy Haryatmi menjelaskan, Universitas Gunadarma memulai kerjasama dengan ESIGELEC, France pada tahun 2009 dimana kerjasama ini merupakan kerjasama kedua belah pihak pada bidang penelitian, studi lanjut dosen dan magang mahasiswa.

"Pada tahun 2011, Universitas Gunadarma mengirimkan 2 orang dosen untuk studi lanjut tingkat doktoral. Selanjutnya, pada tahun 2012, ESIGELEC mengirimkan 1 orang untuk melakukan magang di Unversitas Gunadarma. Kegiatan ini sudah bertangsung selama 5 tahun dan berlanjut hingga saat ini. Kegiatan penelitian antara Universitas Gunadarma dengan ESIGELEC juga melibatkan mahasiswa Universitas Gunadarma sehingga menimbulkan kreatifitas mahasiswa dan memberikan pengalaman bagi mahasiswa Universitas Gunadarma pada khususnya," jelas Dr. Emy Haryatmi.

Rasa bangga bisa melakukan penelitian di Universitas Gunadarma juga dikatakan mahasiswa ESIGELEC Perancis, Nicolas Munck yang pada seminar teersebut juga tampil sebagai nara sumber.

"Saya melakukan penelitian di Indonesia supaya saya bisa belajar dari perguruan tinggi di Indonesia dan saya ingin mengenal budaya Indonesia, orang Indonesia ramah-ramah jadi saya senang," tuturnya.

COMMENTS

Nama

# Hut Depok,1,# Kriminal,8,# Lingkungan,4,# Palestina,1,# Pilgub Jabar,3,# PKK,1,Adv,2,ahok,1,al fatihah,1,al quran,2,alumni smp 2 depok,1,anak,1,bakso babi,1,bakso babi hutan,1,bakso celeng,1,bakso oplosan,1,baznas,2,Bisnis,42,Bom,1,Citizen Journalism,1,Cuaca,2,Deddy Mizwar,1,depok,1,Depok Raya,49,Depok Terkini,1,dodol betawi,1,Ekonomi,3,features olah rasa,1,gas,1,Gaya Hidup,12,geng motor,2,hacker,1,Halal,1,Headline,105,hidup sehat,13,Hikmah,5,Hotel,1,hukum,1,i,1,idNSA,1,ilmu tajwid,1,Ilustrasi,2,imigrasi,1,Ine hardiyati,1,Internet,3,itc depok,1,jabar,1,jembatan ambles,1,jembatan pitara ambles,1,jembatan sengon,1,Kec. Beji,8,Kec. Bojong Sari,1,Kec. Cimanggis,2,Kec. Cinere,1,Kec. Limo,4,Kec. Pancoran Mas,8,Kec. Sawangan,4,Kec. Sukmajaya,4,Kec. Tapos,1,kecantikan,12,Kekerasan Pada Wartawan,1,Kesehatan,39,khitanan massal,1,Kirimal,14,knpi,1,komputer,2,Komunitas,27,komunitas hacker,1,koni,2,kriminal,12,kuliner,1,Kuliner,18,Lalu Lintas,20,legen,1,liburan,1,lintasan tajwid,2,Makanan,1,media sosial,3,mengajari anak,1,menjaga kesehatan,4,metro,2,Metro Depok,672,mi mengandung babi,1,mi samyang,2,miras,2,Mobil,2,motor,1,Motor,1,mudik,4,nasio,1,nasioanl,5,Nasional,65,netty heryawan,1,nurul fikri,1,Ojek Online,1,Olahraga,1,Opini,20,Oto Tekno,2,Parenting,10,Pendidikan,80,Peristiwa,256,peristiwaIlustrasi,1,persada,1,pilgub dki,1,Pilgub Jabar,1,pilkada2017,1,pilkadadki2017,1,Politik,14,ppdb,1,produk unggulan depok,1,Promo,3,Ragam,107,Ramadhan,137,Remaja Islam,2,Reses DPRD,1,ridwan kamil,1,rki,1,rs meilia depok,1,Rumah Keluarga Indonesia,1,sandiaga uno,1,sejarah,2,smpit nurul fikri,1,Sosmed,1,surah al kautsar,1,Tagihan,1,tajwid,2,tas diduga bom,1,Teknologi,8,Tempat Nongkrong,1,tertinggi nilai rata-rata un,1,Tokoh Depok,1,Traveloka,1,ukm,1,UMKM Depok,1,Wisata,4,Wisata amp; Kuliner,4,Zakat,1,
ltr
item
Depok News: Mahasiswa Universitas Gunadarma Ciptakan Robot yang Mampu Bicara dan Kejar Bola
Mahasiswa Universitas Gunadarma Ciptakan Robot yang Mampu Bicara dan Kejar Bola
https://3.bp.blogspot.com/-RAqOJb0KGtE/WYrish_F8wI/AAAAAAAADlM/N2MGaBWei4gg91Y6RWTLRqX5f0Ugo6irgCLcBGAs/s400/P_20170809_094053.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-RAqOJb0KGtE/WYrish_F8wI/AAAAAAAADlM/N2MGaBWei4gg91Y6RWTLRqX5f0Ugo6irgCLcBGAs/s72-c/P_20170809_094053.jpg
Depok News
http://www.depoknews.id/2017/08/mahasiswa-universitas-gunadarma.html
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/2017/08/mahasiswa-universitas-gunadarma.html
true
3114477243298442110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy