UI Gelar Simposium Riset di Hotel Margo Depok Bahas Ini...

DepokNews-- Membangunkan Paper UI yang Sudah Lama Tertidur Universitas Indonesia menggunakan pendekatan teknologi untuk meningkatkan kua...


DepokNews-- Membangunkan Paper UI yang Sudah Lama Tertidur
Universitas Indonesia menggunakan pendekatan teknologi untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan.

Salah satunya adalah dengan melakukan digitalisasi submisi tugas akhir, menggantikan mekanisme manual yang sebelumnya digunakan.

Sistem penyimpanan karya ilmiah ini disebut dengan UIANA.

Paper-paper yang selama ini didiamkan di UIANA dikelola oleh Kantor Pengelolaan Produk Riset dan Inovasi sedemikian rupa agar layak muat di penerbit terindeks.

Untuk mengoptimalkan karya ilmiah yang sudah dikelola dengan baik, UI mengelenggarakan ‘The 1st Physics and Technologies in Medicine and Dentistry Symposium’ pada tanggal 15-16 Juli 2017 di Margo Hotel jalan Margonda, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Simposium tidak hanya menarik dari sisi tema yang diangkat, melainkan juga bagaimana konferensi ini berbeda dengan konferensi yang lain.

‘’Konferensi ini merupakan wadah publikasi bagi paper-paper yang ‘tidur’ di UIANA,’’ jelas Kepala Kantor Pengelolaan Produk Riset dan Inovasi UI Diah Ayu Maharani.

Ia menambahkan, untuk mengejar diversity yang merupakan syarat dari publisher, pihaknya juga mengundang beberapa dari luar UI macam ITB, Malaysia dan Turki.

UI menggunakan jaringan yang sudah terbangun baik dengan mengundang editor-editor jurnal international bidang dentistry and medicine.

Selama ini, UI memiliki repository karya ilmiah yang dipublikasikan oleh publisher sesuai dengan tipe karya ilmiahnya.

Digitalisasi semakin memudahkan arah pengembangan publikasi yang sudah ada.

‘’Setiap karya ilmiah yang diunggah akan mendapatkan no ID yang unik atau DOI lokal,’’ katanya.

Karya ilmiah tersebut, lanjut Diah, akan masuk ke dalam sistem basis data yang  menjalankan system anti plagiarism.

Sistem ini bisa mendeteksi apabila ada kesamaan dengan karya lainnya.

Kantor Pengelolaan Produk Riset dan Inovasi juga melakukan pengelolaan hingga sedemikian rupa sehingga karya tersebut layak diterbitkan di penerbit yang terindeks.

Sistem memudahan UI dalam menghitung aktivitas dosen dalam membimbing atau mengikuti kegiatan pengembangan ilmu pengetahuan.

Simposium yang digelar kali ini menghasilkan 273 paper yang akan diterbitkan di IOP Journal of Physics Conference Series sebanyak 154 paper,  Journal of International Dental and Medical Research (JIDMR) sebanyak 44 paper dan  Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research (AJPCR) sebanyak 85 paper.

Di lokasi sama Wakil Rektor bidang Riset Rosari Saleh berharap simposium ini akan memberikan pengaruh signifikan bagi masa depan penelitian.

‘’Penyelenggaraan simposium ini termotivasi oleh hasil dan tanggapan yang positif terhadap penelitian yang meningkat dalam bidang biomedis,’’ jelasnya.

Fisika merupakan ilmu alam  dasar yang aplikasinya berkembang secara universal.

Ini termasuk aplikasi dalam bidang diagnostik, perawatan, teknik biomedis, dan sains material dalam kedokteran dan kedokteran gigi.

Ilmu biomedis adalah seperangkat ilmu terapan yang menerapkan sebagian sains alami atau sains formal, untuk mengembangkan teknologi yang digunakan dalam perawatan kesehatan.

Selanjutnya, fisika digabungkan dalam prinsip dan praktik bioengineering yang digunakan di rumah sakit, industri dan laboratorium penelitian.

Pertemuan ini menjadi forum untuk komunikasi ilmiah dan interaksi antara ilmuwan terkemuka yang bekerja di bidang fisika, kedokteran dan kedokteran gigi.

Pada gilirannya, seminar tentang hasil penelitian terbaru akan menyajikan perkembangan mutakhir di lapangan dan membantu memetakan tujuan penelitian di masa depan.



COMMENTS

Nama

# Hut Depok,1,# Kriminal,7,# Lingkungan,4,# Palestina,1,# Pilgub Jabar,3,# PKK,1,Adv,2,ahok,1,al fatihah,1,al quran,2,alumni smp 2 depok,1,anak,1,bakso babi,1,bakso babi hutan,1,bakso celeng,1,bakso oplosan,1,baznas,1,Bisnis,31,Bom,1,Citizen Journalism,1,Cuaca,2,Deddy Mizwar,1,depok,1,Depok Raya,45,Depok Terkini,1,dodol betawi,1,Ekonomi,2,features olah rasa,1,gas,1,Gaya Hidup,12,geng motor,2,hacker,1,Halal,1,Headline,88,hidup sehat,10,Hikmah,5,Hotel,1,i,1,idNSA,1,ilmu tajwid,1,Ilustrasi,1,imigrasi,1,Ine hardiyati,1,Internet,3,itc depok,1,jembatan ambles,1,jembatan pitara ambles,1,jembatan sengon,1,Kec. Beji,8,Kec. Bojong Sari,1,Kec. Cimanggis,2,Kec. Cinere,1,Kec. Limo,2,Kec. Pancoran Mas,8,Kec. Sawangan,4,Kec. Sukmajaya,4,Kec. Tapos,1,kecantikan,11,Kekerasan Pada Wartawan,1,Kesehatan,38,khitanan massal,1,Kirimal,14,knpi,1,komputer,2,Komunitas,25,komunitas hacker,1,koni,2,kriminal,6,kuliner,1,Kuliner,14,Lalu Lintas,9,legen,1,liburan,1,lintasan tajwid,2,Makanan,1,media sosial,3,mengajari anak,1,menjaga kesehatan,4,metro,1,Metro Depok,447,mi mengandung babi,1,mi samyang,2,miras,2,Mobil,2,motor,1,Motor,1,mudik,4,nasio,1,nasioanl,3,Nasional,57,netty heryawan,1,nurul fikri,1,Ojek Online,1,Olahraga,1,Opini,19,Oto Tekno,2,Parenting,10,Pendidikan,68,Peristiwa,181,peristiwaIlustrasi,1,persada,1,pilgub dki,1,Pilgub Jabar,1,pilkada2017,1,pilkadadki2017,1,Politik,14,ppdb,1,produk unggulan depok,1,Promo,3,Ragam,97,Ramadhan,137,Remaja Islam,2,Reses DPRD,1,ridwan kamil,1,rki,1,rs meilia depok,1,Rumah Keluarga Indonesia,1,sejarah,2,smpit nurul fikri,1,Sosmed,1,surah al kautsar,1,Tagihan,1,tajwid,2,tas diduga bom,1,Teknologi,8,Tempat Nongkrong,1,tertinggi nilai rata-rata un,1,Tokoh Depok,1,Traveloka,1,ukm,1,UMKM Depok,1,Wisata,3,Wisata amp; Kuliner,4,Zakat,1,
ltr
item
Depok News: UI Gelar Simposium Riset di Hotel Margo Depok Bahas Ini...
UI Gelar Simposium Riset di Hotel Margo Depok Bahas Ini...
https://2.bp.blogspot.com/-qud5hvmassQ/WWqa6f_gPRI/AAAAAAAAB5c/u8VaQ99Nn_AQlSKtxVWZpQENDegGr8a2ACK4BGAYYCw/s640/IMG-20170715-WA0030.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-qud5hvmassQ/WWqa6f_gPRI/AAAAAAAAB5c/u8VaQ99Nn_AQlSKtxVWZpQENDegGr8a2ACK4BGAYYCw/s72-c/IMG-20170715-WA0030.jpg
Depok News
http://www.depoknews.id/2017/07/ui-gelar-simposium-riset-di-hotel-margo.html
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/2017/07/ui-gelar-simposium-riset-di-hotel-margo.html
true
3114477243298442110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy