Saya Anak Indonesia, Saya Gembira

Retno Wijayanti (Ketua Forum Kota Layak Anak) Depok Oleh Retno Wijayanti (Ketua Forum Kota Layak Anak) Depok DepokNews -- Itulah pes...

Retno Wijayanti (Ketua Forum Kota Layak Anak) Depok


Oleh Retno Wijayanti (Ketua Forum Kota Layak Anak) Depok

DepokNews -- Itulah pesan Hari Anak Indonesia yang jatuh pada 23 Juli 2017,  sebuah perayaan nasional untuk membuat anak Indonesia gembira. Gembira bagi anak Indonesia menjadi hal istimewa yang harus disampaikan secara kenegaraan untuk seluruh masyarakat Indonesia. 

Lalu, apa yang sedang terjadi dengan anak Indonesia? dengan keluarga Indonesia?dengan rakyat Indonesia ? 

Saat ini Indonesia tengah darurat kekerasan terhadap anak. Hal ini sesungguhnya menggambarkan kondisi batin banyak anak Indonesia yang tidak gembira dan bahagia. Anak sebagai korban ataupun pelaku baik yang terjadi dilingkungan rumah maupun dalam institusi pendidikan tentunya akan merasa tidak gembira. Sebagai korban anak pasti mengalami trauma baik fisik maupun psikis, sedangkan sebagai pelaku mereka adalah korban dari salah asuh orang tuanya, yang bisa jadi sering mendapatkan perlakuan salah dalam kesehariannya atau korban dari lingkungan yang tidak mendukung tumbuh kembang nya dengan baik.

Kenapa anak-anak harus gembira? Tentu kita semua faham bahwa anak yang memiliki sifat riang dan gembira merupakan anak yang mempunyai semangat tinggi. Dan  anak yang bersemangat tinggi maka kelak ia akan lebih bersikap aktif dan mampu menyelesaikan permasalahan dengan baik. Anak yang berjiwa gembira akan lebih berpeluang menjadi anak yang bisa berkarya dan berinovasi. Inilah anak-anak yang menjadi harapan orang tua, harapan bangsa dan negara.

Siapa yang bertanggungjawab terhadap kegembiraan anak-anak? Keluarga memegang peran utama memberikan rasa gembira itu. Mereka tidak perlu mainan yang mahal atau fasilitas yang mewah. Ada banyak cara sederhana membuat anak-anak gembira. Perhatian dan kasih sayang yang diberikan, khususnya dari orang tua dan keluarga akan membuat anak merasa tenang dan nyaman. Rasa tenang dan nyaman inilah yang kelak akan memicu anak senantiasa merasa riang dan gembira.

Keluarga mempunyai potensi strategis dalam mencetak generasi bangsa yang berkualitas yang mampu berkarya dan berinovasi. Oleh karena itu komitmen pembangunan manusia melalui keluarga harus menjadi agenda utama dalam pembangunan. Terlebih lagi nilai-nilai sosial budaya yang semakin tidak pasti di era globalisasi informasi ini tidak dapat dinetralisir dengan pendekatan ekonomi saja. Kalau tidak, yang terjadi adalah munculnya distorsi dalam pembangunan, yaitu peningkatan pertumbuhan ekonomi yang tidak diikuti oleh peningkatan kualitas mental dan spiritual manusianya.

Lantas pembangunan keluarga yang tepat seperti apa yang harus dilakukan? Pembangunan keluarga yang sesuai identitas dan jati diri kita sebagai bangsa, sebagaimana yang telah dirumuskan para pendahulu republik ini. Mereka yang menyadari pentingnya agama sebagai ruh dalam aktifitas masyarakat Indonesia sebagai pengejawantahan sila pertama Pancasila yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa”. 

Permasalahan muncul ketika nilai-nilai agama telah melapuk sehingga agama tidak lagi memberi makna dalam setiap sendi-sendi kehidupan masyarakat. Agama tidak lagi menjadi kontrol individu untuk malu melakukan pelanggaran dan kejahatan. 

Pembinaan keluarga menjadi penting dan mendesak yang ditujukan untuk meningkatkan fungsi-fungsi keluarga agar dapat menjadi keluarga-keluarga yang tangguh yang dapat memainkan perannya sebagaimana seharusnya.

Oleh sebab itu perlu kebijakan dari pemerintah diantaranya adalah revitalisasi organisasi keluarga yang sudah ada seperti PKK, BKKBN agar memberikan penguatan tentang peran edukasi oleh keluarga. Selain itu regulasi tentang keluarga yaitu Undang Undang Ketahanan Keluarga Nasional menjadi sebuah keniscayaan  mengingat negara tidak akan dapat menjalankan suatu program tanpa kebijakan untuk mengakomodir kepentingan keluarga Indonesia dalam upaya mencetak generasi bangsa yang berkualitas baik secara fisik, mental dan spiritual.

COMMENTS

Nama

# Hut Depok,1,# Kriminal,8,# Lingkungan,4,# Palestina,1,# Pilgub Jabar,3,# PKK,1,Adv,2,ahok,1,al fatihah,1,al quran,2,alumni smp 2 depok,1,anak,1,bakso babi,1,bakso babi hutan,1,bakso celeng,1,bakso oplosan,1,baznas,2,Bisnis,42,Bom,1,Citizen Journalism,1,Cuaca,2,Deddy Mizwar,1,depok,1,Depok Raya,49,Depok Terkini,1,dodol betawi,1,Ekonomi,3,features olah rasa,1,gas,1,Gaya Hidup,12,geng motor,2,hacker,1,Halal,1,Headline,105,hidup sehat,13,Hikmah,5,Hotel,1,hukum,1,i,1,idNSA,1,ilmu tajwid,1,Ilustrasi,2,imigrasi,1,Ine hardiyati,1,Internet,3,itc depok,1,jabar,1,jembatan ambles,1,jembatan pitara ambles,1,jembatan sengon,1,Kec. Beji,8,Kec. Bojong Sari,1,Kec. Cimanggis,2,Kec. Cinere,1,Kec. Limo,4,Kec. Pancoran Mas,8,Kec. Sawangan,4,Kec. Sukmajaya,4,Kec. Tapos,1,kecantikan,12,Kekerasan Pada Wartawan,1,Kesehatan,39,khitanan massal,1,Kirimal,14,knpi,1,komputer,2,Komunitas,27,komunitas hacker,1,koni,2,kriminal,12,kuliner,1,Kuliner,18,Lalu Lintas,20,legen,1,liburan,1,lintasan tajwid,2,Makanan,1,media sosial,3,mengajari anak,1,menjaga kesehatan,4,metro,2,Metro Depok,672,mi mengandung babi,1,mi samyang,2,miras,2,Mobil,2,motor,1,Motor,1,mudik,4,nasio,1,nasioanl,5,Nasional,65,netty heryawan,1,nurul fikri,1,Ojek Online,1,Olahraga,1,Opini,20,Oto Tekno,2,Parenting,10,Pendidikan,80,Peristiwa,256,peristiwaIlustrasi,1,persada,1,pilgub dki,1,Pilgub Jabar,1,pilkada2017,1,pilkadadki2017,1,Politik,14,ppdb,1,produk unggulan depok,1,Promo,3,Ragam,107,Ramadhan,137,Remaja Islam,2,Reses DPRD,1,ridwan kamil,1,rki,1,rs meilia depok,1,Rumah Keluarga Indonesia,1,sandiaga uno,1,sejarah,2,smpit nurul fikri,1,Sosmed,1,surah al kautsar,1,Tagihan,1,tajwid,2,tas diduga bom,1,Teknologi,8,Tempat Nongkrong,1,tertinggi nilai rata-rata un,1,Tokoh Depok,1,Traveloka,1,ukm,1,UMKM Depok,1,Wisata,4,Wisata amp; Kuliner,4,Zakat,1,
ltr
item
Depok News: Saya Anak Indonesia, Saya Gembira
Saya Anak Indonesia, Saya Gembira
https://3.bp.blogspot.com/-_X8V45cZv2E/WXVGpxSaCTI/AAAAAAAACa8/kLtuk_F4RTQKvtDqhfrx2MBV-hQ-7SHjwCLcBGAs/s640/RETNO%2BWIJAYANTI.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-_X8V45cZv2E/WXVGpxSaCTI/AAAAAAAACa8/kLtuk_F4RTQKvtDqhfrx2MBV-hQ-7SHjwCLcBGAs/s72-c/RETNO%2BWIJAYANTI.jpg
Depok News
http://www.depoknews.id/2017/07/saya-anak-indonesia-saya-gembira.html
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/2017/07/saya-anak-indonesia-saya-gembira.html
true
3114477243298442110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy