Perokok Aktif Harus Tahu Ini

DepokNews -- Seorang perokok aktif yang sudah berpengalaman sekalipun tahu bahwa rokok memiliki efek samping yang sangat luas bagi t...

DepokNews -- Seorang perokok aktif yang sudah berpengalaman sekalipun tahu bahwa rokok memiliki efek samping yang sangat luas bagi tubuh dan dapat berujung pada kematian. Namun, tahukah Anda bahwa pada saat merokok, lapisan paru-paru meradang dan teriritasi? Beberapa jam setelah merokok, rambut mungil yang melapisi paru-paru (silia) lumpuh sementara. Akibatnya, silia menjadi tidak efektif dalam membersihkan lendir dan partikel debu di saluran udara.

Selain itu, rokok juga menyebabkan peningkatan produksi dan ketebalan lendir. Hal ini karena silia yang lumpuh sementara tidak bisa membersihkan lendir sehingga terjadi penumpukan di saluran udara yang menyumbat dan menimbulkan batuk hingga bronkitis kronis.

Baca juga: 

Sariawan, Akibat Pola Hidup Tak Sehat


Untungnya, paru-paru dapat dipulihkan kembali sampai pada batas tertentu setelah Anda berhenti merokok. Penasihat ilmiah senior untuk American Lung Association dan spesialis pengobatan paru, Dr Norman Edelman, mengatakan, hingga sepekan setelah berhenti merokok mantan perokok akan bisa bernafas lebih lega saat berolahraga.

"Hal itu terjadi karena berkurangnya gangguan pengangkut oksigen akibat rokok. Alasan lainnya, peradangan di lapisan saluran udara berkurang karena tidak lagi terpapat zat iritasi asap. Berkurangnya pembengkakan akan memberi lebih banyak ruang bagi udara untuk mengalir melalui lorong-lorong pernafasan," ujarnya, Selasa (4/7/2017)

Anda mungkin juga akan lebih banyak batuk selama beberapa minggu pertama setelah berhenti, tetapi hal ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Edelman menjelaskan, ini merupakan tanda bahwa silia  paru-paru kembali aktif dan mulai memindahkan sekresi lendir yang berlebih ke saluran udara. “Batuk berfungsi untuk membersihkan material kotor di dalam paru-paru ,” katanya. 

Lebih menguntungkannya lagi, risiko Kanker paru-paru juga berkurang. Menurut Edelman, semakin lama Anda berhenti merokok, maka semakin berkurang risiko kanker  paru-paru Anda. Data dari Centers for Disease Control and Prevention menyebutkan bahwa kemungkinan seorang mantan perokok yang sudah 10 tahun berhenti untuk terkena kanker paru-paru hanya setengah dari perokok aktif.

"Sayangnya, tidak semua kerusakan yang ditimbulkan akibat rokok dapat dipulihkan. Hal ini sangat tergantung pada jumlah bungkus rokok per hari dikalikan berapa tahun seseorang telah merokok. Bahwa semakin besar angka ini, semakin besar juga kerusakan permanen yang dialami oleh  paru-paru perokok," jelas Edelman.

Dalam jangka panjang, merokok dapat menyebabkan emfisema, sejenis penyakit paru obstruktif kronis. "Pada tahap ini, dinding saluran udara telah kehilangan bentuk dan elastisitasnya sehingga  kesulitan untuk mendorong keluar udara. Perubahan ini permanen dan tidak akan bisa dipulihkan kembali," tandasnya. (Meida)

Nama

# Hut Depok,1,# Kriminal,7,# Lingkungan,4,# Palestina,1,# Pilgub Jabar,3,# PKK,1,Adv,2,ahok,1,al fatihah,1,al quran,2,alumni smp 2 depok,1,anak,1,bakso babi,1,bakso babi hutan,1,bakso celeng,1,bakso oplosan,1,baznas,1,Bisnis,31,Bom,1,Citizen Journalism,1,Cuaca,2,Deddy Mizwar,1,depok,1,Depok Raya,45,Depok Terkini,1,dodol betawi,1,Ekonomi,2,features olah rasa,1,gas,1,Gaya Hidup,12,geng motor,2,hacker,1,Halal,1,Headline,88,hidup sehat,10,Hikmah,5,Hotel,1,i,1,idNSA,1,ilmu tajwid,1,Ilustrasi,1,imigrasi,1,Ine hardiyati,1,Internet,3,itc depok,1,jembatan ambles,1,jembatan pitara ambles,1,jembatan sengon,1,Kec. Beji,8,Kec. Bojong Sari,1,Kec. Cimanggis,2,Kec. Cinere,1,Kec. Limo,2,Kec. Pancoran Mas,8,Kec. Sawangan,4,Kec. Sukmajaya,4,Kec. Tapos,1,kecantikan,11,Kekerasan Pada Wartawan,1,Kesehatan,38,khitanan massal,1,Kirimal,14,knpi,1,komputer,2,Komunitas,25,komunitas hacker,1,koni,2,kriminal,6,kuliner,1,Kuliner,14,Lalu Lintas,9,legen,1,liburan,1,lintasan tajwid,2,Makanan,1,media sosial,3,mengajari anak,1,menjaga kesehatan,4,metro,1,Metro Depok,447,mi mengandung babi,1,mi samyang,2,miras,2,Mobil,2,motor,1,Motor,1,mudik,4,nasio,1,nasioanl,3,Nasional,57,netty heryawan,1,nurul fikri,1,Ojek Online,1,Olahraga,1,Opini,19,Oto Tekno,2,Parenting,10,Pendidikan,68,Peristiwa,181,peristiwaIlustrasi,1,persada,1,pilgub dki,1,Pilgub Jabar,1,pilkada2017,1,pilkadadki2017,1,Politik,14,ppdb,1,produk unggulan depok,1,Promo,3,Ragam,97,Ramadhan,137,Remaja Islam,2,Reses DPRD,1,ridwan kamil,1,rki,1,rs meilia depok,1,Rumah Keluarga Indonesia,1,sejarah,2,smpit nurul fikri,1,Sosmed,1,surah al kautsar,1,Tagihan,1,tajwid,2,tas diduga bom,1,Teknologi,8,Tempat Nongkrong,1,tertinggi nilai rata-rata un,1,Tokoh Depok,1,Traveloka,1,ukm,1,UMKM Depok,1,Wisata,3,Wisata amp; Kuliner,4,Zakat,1,
ltr
item
Depok News: Perokok Aktif Harus Tahu Ini
Perokok Aktif Harus Tahu Ini
https://1.bp.blogspot.com/-OQgVHhNeaoc/WVsaZshCtcI/AAAAAAABIR4/meqqTDPJq6Yys3tkJHbaK_jQACWVlFx5wCLcBGAs/s640/rokok.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-OQgVHhNeaoc/WVsaZshCtcI/AAAAAAABIR4/meqqTDPJq6Yys3tkJHbaK_jQACWVlFx5wCLcBGAs/s72-c/rokok.jpg
Depok News
http://www.depoknews.id/2017/07/perokok-aktif-harus-tahu-ini.html
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/2017/07/perokok-aktif-harus-tahu-ini.html
true
3114477243298442110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy