OYK Mulai Digelar Pekan Depan, Ini Peringatan Pradi

DepokNews -- Pendatang baru bila terjaring operasi yustisi kependudukan (OYK) yang direncanakan akan digelar mulai pekan depan di sejumla...

DepokNews -- Pendatang baru bila terjaring operasi yustisi kependudukan (OYK) yang direncanakan akan digelar mulai pekan depan di sejumlah titik di Depok. Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna kembali mengingatkan bahwa pihaknya tidak segan-segan memulangkan pendatang baru tersebut. 

"Apabila tidak memiliki identitas dan syarat administrasi yang jelas, lalu tidak lapor untuk membuat surat keterangan tempat tinggal atau SKTT di kelurahan dan tidak memiliki keahlian, bukan tak mungkin kita pulangkan ke tempat asalnya," kata Pradi, Senin (3/7/2017).

Lebih lanjut, pendatang baru di Depok memiliki identitas jelas serta tujuannya pun jelas. "Kami tidak melarang siapapun tinggal di Depok. Hanya saja mesti mengikuti aturan dan jika tanpa keahlian maka akan kesulitan sendiri nantinya tinggal di Depok," kata Pradi.

"Dan Kami tidak mau pendatang baru justru merana dan kesulitan di Depok," tegasnya Pradi.

Selain itu kata dia, pendatang baru diharapkan mentaati aturan dengan mengurus SKTT di kelurahan segera yang jangka waktu berlakunya enam bulan.

"Melalui SKTT, ini memudahkan kami dalam pendataan juga tertib administrasi," tambahnya. 

Pradi juga mengingatkan, jika memang sudah nyaman dan merasa mampu atau memiliki kompetensi, pendatang baru yang ingin menjadi warga Depok dan menetap di Depok bisa mengurus perpindahan KTP nya.

"Perkiraan usai Lebaran ini akan ada puluhan ribu pendatang baru ke Depok. Namun dari pengalaman tahun sebelumnya, sebagian besar dari mereka tidak memiliki keahlian atau keterampilan memadai untuk bersaing di Depok," imbuhnya. 

Karenanya sejak jauh-jauh hari ia mengimbau agar pendatang baru yang datang ke Depok memiliki keahlian dan keterampilan memadai.

Sebelumnya Kepala Disdukcapil Depok Misbahul Munir menuturkan OYK pekan depan akan dilakukan di sejumlah wilayah yang biasanya banyak di dapati pendatang baru di Depok, mulai dari permukiman padat penduduk, wilayah yang banyak ditemukan kontrakan, kos-kosan dan lain sebagainya.

"Kami sudah petakan wilayah mana yang biasanya banyak ditempati pendatang baru berdasar data tahun sebelumnya. Targetnya 22 kelurahan akan kita gelar OYK, atau setiap satu kecamatan ada dua kelurahan yang akan didatangi petugas dalam OYK," kata Munir.

Munir menuturkan OYK digelar berdasarkan dan guna penegakan Perda Depok Nomor 10 Tahun 2015 tentang kependudukan. Dimana dalam Perda tersebut disebutkan bahwa warga pendatang di Depok dalam waktu 1x 24 jam wajib lapor ke ketua RT setempat, serta wajib memiliki Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) yang dikeluarkan kelurahan, jika hanya tinggal sementara di Depok.

Masa berlaku SKTT adalah selama 6 bulan dan wajib diperpanjang. "Jadi SKTT wajib dibuat oleh pendatang jika tinggal sementara dan tidak menetap atau tidak menjadi warga Depok," ujar Munir.
Menurut Munir dengan OYK pihaknya akan memiliki data penduduk di Depok baik yang menetap dan tinggal sementara atau non permanen.

"Kami tidak bisa melarang orang untuk datang dan tinggal di Depok. Tapi kami imbau mereka yang datang memiliki keahlian dan keterampilan memadai agar tidak menjadi beban sosial dan ekonomi pemerintah," tandasnya. 
Nama

# Hut Depok,1,# Kriminal,7,# Lingkungan,4,# Palestina,1,# Pilgub Jabar,3,# PKK,1,Adv,2,ahok,1,al fatihah,1,al quran,2,alumni smp 2 depok,1,anak,1,bakso babi,1,bakso babi hutan,1,bakso celeng,1,bakso oplosan,1,baznas,1,Bisnis,31,Bom,1,Citizen Journalism,1,Cuaca,2,Deddy Mizwar,1,depok,1,Depok Raya,45,Depok Terkini,1,dodol betawi,1,Ekonomi,2,features olah rasa,1,gas,1,Gaya Hidup,12,geng motor,2,hacker,1,Halal,1,Headline,88,hidup sehat,10,Hikmah,5,Hotel,1,i,1,idNSA,1,ilmu tajwid,1,Ilustrasi,1,imigrasi,1,Ine hardiyati,1,Internet,3,itc depok,1,jembatan ambles,1,jembatan pitara ambles,1,jembatan sengon,1,Kec. Beji,8,Kec. Bojong Sari,1,Kec. Cimanggis,2,Kec. Cinere,1,Kec. Limo,2,Kec. Pancoran Mas,8,Kec. Sawangan,4,Kec. Sukmajaya,4,Kec. Tapos,1,kecantikan,11,Kekerasan Pada Wartawan,1,Kesehatan,38,khitanan massal,1,Kirimal,14,knpi,1,komputer,2,Komunitas,25,komunitas hacker,1,koni,2,kriminal,6,kuliner,1,Kuliner,14,Lalu Lintas,9,legen,1,liburan,1,lintasan tajwid,2,Makanan,1,media sosial,3,mengajari anak,1,menjaga kesehatan,4,metro,1,Metro Depok,447,mi mengandung babi,1,mi samyang,2,miras,2,Mobil,2,motor,1,Motor,1,mudik,4,nasio,1,nasioanl,3,Nasional,57,netty heryawan,1,nurul fikri,1,Ojek Online,1,Olahraga,1,Opini,19,Oto Tekno,2,Parenting,10,Pendidikan,68,Peristiwa,181,peristiwaIlustrasi,1,persada,1,pilgub dki,1,Pilgub Jabar,1,pilkada2017,1,pilkadadki2017,1,Politik,14,ppdb,1,produk unggulan depok,1,Promo,3,Ragam,97,Ramadhan,137,Remaja Islam,2,Reses DPRD,1,ridwan kamil,1,rki,1,rs meilia depok,1,Rumah Keluarga Indonesia,1,sejarah,2,smpit nurul fikri,1,Sosmed,1,surah al kautsar,1,Tagihan,1,tajwid,2,tas diduga bom,1,Teknologi,8,Tempat Nongkrong,1,tertinggi nilai rata-rata un,1,Tokoh Depok,1,Traveloka,1,ukm,1,UMKM Depok,1,Wisata,3,Wisata amp; Kuliner,4,Zakat,1,
ltr
item
Depok News: OYK Mulai Digelar Pekan Depan, Ini Peringatan Pradi
OYK Mulai Digelar Pekan Depan, Ini Peringatan Pradi
https://4.bp.blogspot.com/-H896vh_dGq0/WVx01dxDnUI/AAAAAAABIYs/aP5UCe7SSFUABJr3mVTHEYBKPUQI5kBIQCLcBGAs/s640/pradi.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-H896vh_dGq0/WVx01dxDnUI/AAAAAAABIYs/aP5UCe7SSFUABJr3mVTHEYBKPUQI5kBIQCLcBGAs/s72-c/pradi.jpg
Depok News
http://www.depoknews.id/2017/07/oyk-mulai-digelar-pekan-depan-ini.html
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/2017/07/oyk-mulai-digelar-pekan-depan-ini.html
true
3114477243298442110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy