Ngeri, Minyak Kelapa Mengandung Lemak Jenuh

DepokNews -- Asosiasi Jantung Amerika atau American Heart Association (AHA) mengeluarkan laporan tentang tingginya kandungan lemak jenuh pa...

DepokNews -- Asosiasi Jantung Amerika atau American Heart Association (AHA) mengeluarkan laporan tentang tingginya kandungan lemak jenuh pada minyak kelapa, dan merekomendasikan agar konsumsi minyak kelapa dihentikan.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan minyak kelapa dapat meningkatkan LDL atau kolesterol buruk secara signifikan. Sehingga masyarakat harus segera menghentikan konsumsi minyak kelapa untuk mencegah kenaikan kadar kolesterol dan obesitas. Akan tetapi, laporan dan rekomendasi dari American Heart Association mendapat bantahan dari para ahli gizi dan diet di Amerika Serikat. Sampai-sampai muncul istilah the coconut gate.

Salah satu yang protes ialah Diana Rodgers, seorang ahli Gizi dan praktisi terapi gizi terdaftar, penulis artikel-artikel gizi di beberapa media serta pengelola The Sustainable Dish suatu situs yang mempromosikan pola makan yang sehat dan berkelanjutan.

Diana, melalui situs The Sustainable Dish membantah laporan AHA itu, dan menuding organisasi ini memiliki kepentingan ekonomi, karena disponsori oleh beberapa perusahaan besar yang bergerak di bidang medis dan makanan.

"AHA juga dianggap telah menjual 'seal of approval' atau semacam sertifikat lolos uji untuk kesehatan jantung, yang dikenal dengan sebutan Heart Check Program. Sertifikat tersebut bermanfaat untuk meloloskan produk-produk yang sebenarnya mengandung tinggi karbohidrat dan gula, yang seharusnya tidak layak untuk dipasarkan karena alasan kesehatan" ujarnya. 

Inti bantahan terhadap laporan dari AHA yang disampaikan The Sustainable Dish merujuk pada situs Nutrition Coalition, "dalam 17 meta-analisis dan tinjauan sistematis yang dilakukan, tidak ditemukan hubungan yang jelas antara asupan lemak jenuh dengan penyakit jantung", serta "mereka yang melakukan tinjauan klinis terhadap subjek, bukan hanya sekadar tinjauan epidemiologi, tidak ada yang menemukan adanya hubungan antara asupan lemak jenuh, penyakit jantung dan kematian".

Situs NYMag menyebutkan bahwa laporan dari AHA itu berdasarkan penelitian dan analisis data selama beberapa tahun.

Yaitu bahwa pengurangan asupan lemak jenuh dan menggantinya dengan lemak tak jenuh sebanyak 30 persen menunjukkan penurunan tajam pada kejadian serangan jantung dan kematian.

Di sisi lain, pengurangan lemak jenuh sebesar lima persen dan menggantinya dengan lemak tak jenuh ganda mengurangi risiko serangan jantung sampai 25 persen lebih rendah.

Tidak ada yang salah dengan laporan AHA. Jika saja penulis tidak menyebutkan minyak kelapa dalam laporannya, serta merekomendasikan agar penggunaan minyak kelapa dihentikan, karena kandungan lemak jenuh pada minyak kelapa sebesar 82 persen, lebih tinggi dari mentega, minyak sawit atau lemak.

Ahli nutrisi dan pencipta program diet Whole 30, Melissa Hartwig, menyatakan bahwa masalahnya bukan pada minyak kelapa atau lemak jenuh, namun pada asosiasi itu. Hartwig mengutip hasil laporan yang dipublikasikan pada tahun 2010, yang menyatakan bahwa lemak jenuh pada makanan tidak meningkatkan kemungkinan penyakit jantung.

"Pada tahun 2003, Marie-Pierre St-Onge, seorang profesor dari Columbia University melaporkan hasi penelitian yang menyatakan bahwa memasak dan makan dengan 100 persen asam lemak rantai menengah atau medium chain fatty acid dapat membantu pembakaran lemak pada orang dewasa dan mengurangi berat badan. Asam lemak rantai menengah adalah sejenis molekul yang ditemukan pada minyak kelapa," ujar Hartwig. 

Akan tetapi, sebenarnya minyak kelapa hanya mengandung 14 persen asam lemak rantai menengah saja. St-Onge mengaku bahwa dia belum pernah melakukan studi tentang minyak kelapa, dan dia menganggap industri makanan sering "mengekstrapolasi" hasil penelitiannya dengan sangat bebas.

Rekomendasi agar "tidak menggunakan" minyak kelapa, tentunya berbeda dengan "larangan menggunakan" minyak kelapa. (Meida)

COMMENTS

Nama

# Hut Depok,1,# Kriminal,7,# Lingkungan,4,# Palestina,1,# Pilgub Jabar,3,# PKK,1,Adv,2,ahok,1,al fatihah,1,al quran,2,alumni smp 2 depok,1,anak,1,bakso babi,1,bakso babi hutan,1,bakso celeng,1,bakso oplosan,1,baznas,1,Bisnis,29,Bom,1,Citizen Journalism,1,Cuaca,2,Deddy Mizwar,1,depok,1,Depok Raya,45,Depok Terkini,1,dodol betawi,1,Ekonomi,2,features olah rasa,1,gas,1,Gaya Hidup,12,geng motor,2,hacker,1,Halal,1,Headline,85,hidup sehat,10,Hikmah,5,Hotel,1,i,1,idNSA,1,ilmu tajwid,1,Ilustrasi,1,imigrasi,1,Ine hardiyati,1,Internet,3,itc depok,1,jembatan ambles,1,jembatan pitara ambles,1,jembatan sengon,1,Kec. Beji,8,Kec. Bojong Sari,1,Kec. Cimanggis,2,Kec. Cinere,1,Kec. Limo,2,Kec. Pancoran Mas,8,Kec. Sawangan,4,Kec. Sukmajaya,4,Kec. Tapos,1,kecantikan,10,Kekerasan Pada Wartawan,1,Kesehatan,38,khitanan massal,1,Kirimal,14,knpi,1,komputer,2,Komunitas,25,komunitas hacker,1,koni,2,kriminal,6,kuliner,1,Kuliner,14,Lalu Lintas,9,legen,1,liburan,1,lintasan tajwid,2,Makanan,1,media sosial,3,mengajari anak,1,menjaga kesehatan,3,metro,1,Metro Depok,423,mi mengandung babi,1,mi samyang,2,miras,2,Mobil,2,motor,1,Motor,1,mudik,4,nasio,1,nasioanl,3,Nasional,56,netty heryawan,1,nurul fikri,1,Ojek Online,1,Olahraga,1,Opini,18,Oto Tekno,2,Parenting,10,Pendidikan,65,Peristiwa,175,peristiwaIlustrasi,1,persada,1,pilgub dki,1,Pilgub Jabar,1,pilkada2017,1,pilkadadki2017,1,Politik,13,ppdb,1,produk unggulan depok,1,Promo,3,Ragam,97,Ramadhan,137,Remaja Islam,2,Reses DPRD,1,ridwan kamil,1,rki,1,rs meilia depok,1,Rumah Keluarga Indonesia,1,sejarah,2,smpit nurul fikri,1,Sosmed,1,surah al kautsar,1,Tagihan,1,tajwid,2,tas diduga bom,1,Teknologi,8,Tempat Nongkrong,1,tertinggi nilai rata-rata un,1,Tokoh Depok,1,Traveloka,1,ukm,1,UMKM Depok,1,Wisata,3,Wisata amp; Kuliner,4,Zakat,1,
ltr
item
Depok News: Ngeri, Minyak Kelapa Mengandung Lemak Jenuh
Ngeri, Minyak Kelapa Mengandung Lemak Jenuh
https://3.bp.blogspot.com/-8cWEdqH8Qus/WV24ptQKbkI/AAAAAAABIcA/PZLdvyYIE7sqrzNpo87jENDGR8NgBzogwCLcBGAs/s640/minyak%2Bkelapa.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-8cWEdqH8Qus/WV24ptQKbkI/AAAAAAABIcA/PZLdvyYIE7sqrzNpo87jENDGR8NgBzogwCLcBGAs/s72-c/minyak%2Bkelapa.jpg
Depok News
http://www.depoknews.id/2017/07/ngeri-minyak-kelapa-mengandung-lemak.html
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/2017/07/ngeri-minyak-kelapa-mengandung-lemak.html
true
3114477243298442110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy