Mahasiswa Gunadarma Temukan Cara Deteksi Hoax Dengan NESC Pada Algoritma Stemming

Doktor Titin Winarti (berjilbab) besama keluarganya DepokNews -- Sidang terbuka promosi doktor teknologi informasi Universitas Gunadarm...

Doktor Titin Winarti (berjilbab) besama keluarganya

DepokNews -- Sidang terbuka promosi doktor teknologi informasi Universitas Gunadarma cetak lulusan  Doktor IT yang dapat mendeteksi berita hoax dengan NESC pada Algoritma Stemming. Sidang terbuka promosi Doktor IT dengan Promovenda Titin Winarti, SKom, MM berlangsung di Kampus D Universitas Gunadarma Jalan Margonda Depok, Kamis (13/7/2017)

Dalam sidang tersebut Titin Winarti dinyatakan lulus meraih gelar doktor dengan predikat sangat memuaskan. Sidang yang berlangsung selama dua setengah jam tersebut pun dilaluinya dengan lancar. Dalam disertasinya Titin melakukan pengembangan algoritma stemming secara otomatis dengan penghapusan imbuhan untuk meningkatkan kinerja proses clustering dokumen teks.
Doktor Titin Winarti menerima ucapan selamat setelah menyandang gelar doktor

New Enhance Confix Stripping (NESC) merupakan metode yang digunakan untuk penghapusan imbuhan otomatis. Cara kerjanya dilakukan dengan menguji dataset dengan kata dasar yang ada pada KBBI yang terdiri dari 37.778 kata dasar.

Pemanfaatan NESC juga dapat digunakan pada beberapa bidang diantaranya sistem temu kembali informasi (information retrieval system), question answering (QA), pemeriksaan ejaan, mesin penerjemah, clustering dokumen, dan klasifikasi dokumen.
"Karena stemming di Indonesia sangat penting sekali untuk proses pencarian. Kalau kita menggunakan stemming bahasa Indonesia dengan kata apapun yang kita cari, disitu akan muncul sendiri. Jadi dibutuhkan algoritma stamming yang baik dan benar."  ujar Titin.

"Kalau KBBI kita hanya bisa melihat algoritma, sedangkan ini adalah menyiapkan data sebagai langkah awal untuk diproses ke tahap yang berikutnya dengan mengekstrak kata dasar dan kata kerja yang berimbuhan. Sedangkan di KBBI hanya melihat kata dasar dari sebuah kata. Tetapi kalau algoritma ini digunakan untuk proses berikutnya."tambah perempuan yang baru saja mendapat gelar doktor itu.

Dia juga menjelaskan, berita hoax juga dapat dideteksi menggunakan NESC.
"Berita hoax itu kan kata-katanya kadang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Jadi dibutuhkan suatu normalisasi lagi atau proses lagi supaya nanti kata-kata itu bisa dikenali di sistem. Dengan aplikasi ini bisa hanya dengan mengganti kamusnya disesuaikan dengan kamus hoax. Kalau kita belajar stemming bahasa Inggris ya kamusnya bahasa Inggris." jelasnya.

Penelitian yang dilakukan Titin juga dilatarbelakangi oleh penelitian sebelumnya mengenai  Natural Leaguage Procesing (NRP) dan Information Retrieval dengan menggunakan algoritma yang sudah ada. Namun pada penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan algoritma sendiri.

Dalam waktu dekat ini Dekan Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang akan melakukan klasifikasi untuk mengelompokkan dokumen. Sehingga jika akan mengekstrak dokumen dari berbagai macam jenis dokumen, kemudian dilakukan pencarian, proses nya akan lebih cepat dibandingkan harus mencari kata per kata.

Titin Winarti menempuh program doktor dengan Promotor Profesor Doktor Djati Kerami, Ko Promotor Doktor Lussiana, ETP dan Doktor Sunny Arief Sudiro. Titin Winarti merupakan Doktor IT yang ke 110 lulusan Universitas Gunadarma.

Berita terkait:


Cinta Budaya Bangsa, Mahasiswa Gunadarma Lakukan Penelitian Kenali Motif Batik Dengan IT


Sigit Raih Gelar Doktor Predikat Cum Laude Dari Gunadarma Usia 27 Tahun, Inilah Kiat Suksesnya


Mahasiswa Gunadarma Temukan Metode Penelitian Beton Segar Secara Cepat


COMMENTS

Nama

# Hut Depok,1,# Kriminal,7,# Lingkungan,4,# Palestina,1,# Pilgub Jabar,3,# PKK,1,Adv,2,ahok,1,al fatihah,1,al quran,2,alumni smp 2 depok,1,anak,1,bakso babi,1,bakso babi hutan,1,bakso celeng,1,bakso oplosan,1,baznas,1,Bisnis,31,Bom,1,Citizen Journalism,1,Cuaca,2,Deddy Mizwar,1,depok,1,Depok Raya,45,Depok Terkini,1,dodol betawi,1,Ekonomi,2,features olah rasa,1,gas,1,Gaya Hidup,12,geng motor,2,hacker,1,Halal,1,Headline,88,hidup sehat,10,Hikmah,5,Hotel,1,i,1,idNSA,1,ilmu tajwid,1,Ilustrasi,1,imigrasi,1,Ine hardiyati,1,Internet,3,itc depok,1,jembatan ambles,1,jembatan pitara ambles,1,jembatan sengon,1,Kec. Beji,8,Kec. Bojong Sari,1,Kec. Cimanggis,2,Kec. Cinere,1,Kec. Limo,2,Kec. Pancoran Mas,8,Kec. Sawangan,4,Kec. Sukmajaya,4,Kec. Tapos,1,kecantikan,11,Kekerasan Pada Wartawan,1,Kesehatan,38,khitanan massal,1,Kirimal,14,knpi,1,komputer,2,Komunitas,25,komunitas hacker,1,koni,2,kriminal,6,kuliner,1,Kuliner,14,Lalu Lintas,9,legen,1,liburan,1,lintasan tajwid,2,Makanan,1,media sosial,3,mengajari anak,1,menjaga kesehatan,4,metro,1,Metro Depok,447,mi mengandung babi,1,mi samyang,2,miras,2,Mobil,2,motor,1,Motor,1,mudik,4,nasio,1,nasioanl,3,Nasional,57,netty heryawan,1,nurul fikri,1,Ojek Online,1,Olahraga,1,Opini,19,Oto Tekno,2,Parenting,10,Pendidikan,68,Peristiwa,181,peristiwaIlustrasi,1,persada,1,pilgub dki,1,Pilgub Jabar,1,pilkada2017,1,pilkadadki2017,1,Politik,14,ppdb,1,produk unggulan depok,1,Promo,3,Ragam,97,Ramadhan,137,Remaja Islam,2,Reses DPRD,1,ridwan kamil,1,rki,1,rs meilia depok,1,Rumah Keluarga Indonesia,1,sejarah,2,smpit nurul fikri,1,Sosmed,1,surah al kautsar,1,Tagihan,1,tajwid,2,tas diduga bom,1,Teknologi,8,Tempat Nongkrong,1,tertinggi nilai rata-rata un,1,Tokoh Depok,1,Traveloka,1,ukm,1,UMKM Depok,1,Wisata,3,Wisata amp; Kuliner,4,Zakat,1,
ltr
item
Depok News: Mahasiswa Gunadarma Temukan Cara Deteksi Hoax Dengan NESC Pada Algoritma Stemming
Mahasiswa Gunadarma Temukan Cara Deteksi Hoax Dengan NESC Pada Algoritma Stemming
https://4.bp.blogspot.com/-2ka-ueTEUZk/WWd4tH9ho_I/AAAAAAAABys/OtuoRTcg-mQYrjbSdgD-xMktalpSXY1_ACLcBGAs/s640/P_20170713_152852.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-2ka-ueTEUZk/WWd4tH9ho_I/AAAAAAAABys/OtuoRTcg-mQYrjbSdgD-xMktalpSXY1_ACLcBGAs/s72-c/P_20170713_152852.jpg
Depok News
http://www.depoknews.id/2017/07/mahasiswa-gunadarma-temukan-cara.html
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/2017/07/mahasiswa-gunadarma-temukan-cara.html
true
3114477243298442110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy