Hebat, Anak Tukang Gorengan Masuk Kedokteran UGM

DepokNews -- Kemiskinan memang kerap menjadi kendala untuk mencapai kesuksesan. Pasalnya, untuk meraih cita-cita, kadang kamu harus menem...

DepokNews -- Kemiskinan memang kerap menjadi kendala untuk mencapai kesuksesan. Pasalnya, untuk meraih cita-cita, kadang kamu harus menempuh pendidikan yang tak murah. Tapi, ada juga yang bekerja keras hingga mereka melampaui keterbatasan. Cita-cita memang harus setinggi langit dan dikejar. Setinggi apa pun, setiap orang berhak mengejar cita-citanya. Tapi sayang, kadang kala, harapan mereka harus pupus di tengah jalan lantaran berbagai hambatan. Ada yang karena keterbatasan fisik. Ada juga yang keterbatasan biaya.

Baca juga: SMPN Depok Siap PPDB 10 Juli

Dyah Utami Nugraheni, seorang anak tukang gorengan yang memiliki keterbatasan ekonomi akhirnya diterima di Universitas Gajah Mada (UGM), jurusan kedokteran. Dilansir dari situs resmi UGM, selama menjalani kuliah, Dyah juga dibebaskan dari biaya kuliah sampai selesai menempuh pendidikannya. 

Gadis ini memang berasal dari keluarga pas-pasan. Ibunya, Ngatinem, menjadi satu-satunya tulang punggung keluarga. Dia bekerja keras sejak suaminya meninggal pada 2007 lalu. Bukan cuma menggoreng gorengan, Ngatinem juga bekerja serabutan. Biasanya, dia menitipkan gorengannya ke tetangga untuk dijual di sebuah kantin sekolah. 

Pekerjaan tak tetap ini tak mendatangkan banyak uang. Penghasilan setiap bulannya pun tidak pernah lebih dari Rp500 ribu. "Gak tentu kerjanya, kalau ada tetangga yang minta tolong baru kerja. Kalau tidak ada ya di rumah saja sambil buat gorengan untuk dijual ke kantin," jelas Ngatinem.

Untungnya, dia dibantu kedua anakyang yang telah berkeluarga untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Meskipun keduanya bukan anak kandung, tetapi mereka tetap mendukung dan membantu Dyah, anak semata wayangnya. 

Ternyata, Dyah dapat berkuliah di salah satu universitas top di Indonesia ini berkat beasiswa bidikmisi. Berkat kerja keras dan kemauan yang kuat, Dyah akhirnya mampu meraih cita-citanya untuk berkuliah di jurusan tersebut. 

Dyah, yang pada saat diterima di UGM masih berusia 19 tahun, memang sudah bercita-cita menjadi dokter sejak dia kecil. Ketika mendengar kabar dirinya diterima di kampus terkenal ini, dia tak mampu menahan rasa gembira dan haru. Dia pun langsung memeluk ibunya ketika mendengar berita baik ini.

"Waktu dikabari kakak kalau diterima di FK UGM saya langsung berpelukan dengan ibu senang dan haru campur aduk jadi satu. Gak nyangka bisa diterima di jurusan favorit kebanyakan pelajar dengan persaingannya cukup ketat," katanya, seperti yang dikutip dari situs resmi UGM. 

Dyah, yang tinggal di daerah Nyamplung Kidul, Balecatur, Gamping, Sleman, Yogyakarta ini, ingin menjadi dokter karena masih sedikit dokter di kampungnya. Kondisi inilah yang membuatnya bertekad ingin menjadi dokter, agar bisa menolong dan melayani masyarakat. 

Dyah yang terlahir dari keluarga yang sangat sederhana, membuatnya terbiasa hidup prihatin. Namun, keadaan yang buruk ini tak membuatnya pasrah begitu saja. Dia lantas bekerja keras dengan tekun belajar sejak duduk di Sekolah Dasar. Ternyata, kerja keras dan ketekunannya ini membuahkan hasil yang sangat luar biasa. 

Sumber: ugm.ac.id

COMMENTS

Nama

# Hut Depok,1,# Kriminal,7,# Lingkungan,4,# Palestina,1,# Pilgub Jabar,3,# PKK,1,Adv,2,ahok,1,al fatihah,1,al quran,2,alumni smp 2 depok,1,anak,1,bakso babi,1,bakso babi hutan,1,bakso celeng,1,bakso oplosan,1,baznas,1,Bisnis,29,Bom,1,Citizen Journalism,1,Cuaca,2,Deddy Mizwar,1,depok,1,Depok Raya,45,Depok Terkini,1,dodol betawi,1,Ekonomi,2,features olah rasa,1,gas,1,Gaya Hidup,12,geng motor,2,hacker,1,Halal,1,Headline,85,hidup sehat,10,Hikmah,5,Hotel,1,i,1,idNSA,1,ilmu tajwid,1,Ilustrasi,1,imigrasi,1,Ine hardiyati,1,Internet,3,itc depok,1,jembatan ambles,1,jembatan pitara ambles,1,jembatan sengon,1,Kec. Beji,8,Kec. Bojong Sari,1,Kec. Cimanggis,2,Kec. Cinere,1,Kec. Limo,2,Kec. Pancoran Mas,8,Kec. Sawangan,4,Kec. Sukmajaya,4,Kec. Tapos,1,kecantikan,10,Kekerasan Pada Wartawan,1,Kesehatan,38,khitanan massal,1,Kirimal,14,knpi,1,komputer,2,Komunitas,25,komunitas hacker,1,koni,2,kriminal,6,kuliner,1,Kuliner,14,Lalu Lintas,9,legen,1,liburan,1,lintasan tajwid,2,Makanan,1,media sosial,3,mengajari anak,1,menjaga kesehatan,3,metro,1,Metro Depok,423,mi mengandung babi,1,mi samyang,2,miras,2,Mobil,2,motor,1,Motor,1,mudik,4,nasio,1,nasioanl,3,Nasional,56,netty heryawan,1,nurul fikri,1,Ojek Online,1,Olahraga,1,Opini,18,Oto Tekno,2,Parenting,10,Pendidikan,65,Peristiwa,175,peristiwaIlustrasi,1,persada,1,pilgub dki,1,Pilgub Jabar,1,pilkada2017,1,pilkadadki2017,1,Politik,13,ppdb,1,produk unggulan depok,1,Promo,3,Ragam,97,Ramadhan,137,Remaja Islam,2,Reses DPRD,1,ridwan kamil,1,rki,1,rs meilia depok,1,Rumah Keluarga Indonesia,1,sejarah,2,smpit nurul fikri,1,Sosmed,1,surah al kautsar,1,Tagihan,1,tajwid,2,tas diduga bom,1,Teknologi,8,Tempat Nongkrong,1,tertinggi nilai rata-rata un,1,Tokoh Depok,1,Traveloka,1,ukm,1,UMKM Depok,1,Wisata,3,Wisata amp; Kuliner,4,Zakat,1,
ltr
item
Depok News: Hebat, Anak Tukang Gorengan Masuk Kedokteran UGM
Hebat, Anak Tukang Gorengan Masuk Kedokteran UGM
https://3.bp.blogspot.com/-B5DIMmovZRY/WV7A4IgmPlI/AAAAAAAABY8/iaRIXwXreXMwtlxHTuSB109h0S4AspQxwCLcBGAs/s640/ugm.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-B5DIMmovZRY/WV7A4IgmPlI/AAAAAAAABY8/iaRIXwXreXMwtlxHTuSB109h0S4AspQxwCLcBGAs/s72-c/ugm.jpg
Depok News
http://www.depoknews.id/2017/07/hebat-anak-tukang-gorengan-masuk.html
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/2017/07/hebat-anak-tukang-gorengan-masuk.html
true
3114477243298442110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy