Begini Cara Membuat Tanaman Hidroponik Di Rumah

DepokNews -- Dua musim seperti musim hujan dan kemarau di Indonesia yang tidak menentu menjadikan banyak tanaman, terutama bahan pangan, tid...

DepokNews -- Dua musim seperti musim hujan dan kemarau di Indonesia yang tidak menentu menjadikan banyak tanaman, terutama bahan pangan, tidak dapat tumbuh secara optimal. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencoba teknik hidroponik untuk menanam bahan pangan, seperti sayur dan buah-buahan.

Teknik hidroponik sebenarnya sudah tidak asing lagi terdengar di dunia cocok tanam. Hanya saja memang tidak semua orang bisa mempraktikkannya, mengingat bercocok tanam dengan teknik hidroponik berbeda dengan cara bercocok tanam secara konvensional. Padahal, teknik hidroponik cukup mudah untuk dipelajari, salah satu cara praktis untuk mempelajari teknik tersebut adalah lewat buku.

Siena, ibu rumah tangga di wilayah Sawangan menuturkan bahwa saat ini banyak buku praktis yang dapat mengajarkan Anda tentang cara bercocok tanam dengan menggunakan teknik hidroponik, misalnya saja Bertanam Hidroponik untuk Pemula, Hidroponik Portabel, 6 Teknik Hidroponik, dan Hidroponik Murah dan Praktis.

Selain memang digunakan untuk menghasilkan bahan-bahan pangan yang dibutuhkan, saat ini hidroponik juga sudah menjadi gaya hidup baru masyarakat perkotaan untuk mengisi waktu luang. Terutama bagi mereka yang tinggal di perumahan yang tidak memiliki lahan luas, hidroponik menjadi solusi yang tepat untuk menyalurkan hobi bercocok tanam.

"Bagi pemula, teknik ini tidak memerlukan peralatan khusus. Peralatan yang dibutuhkan bisa didapatkan dari lingkungan sekitar, misalnya saja botol air mineral, arang sekam, sabut kelapa, dan sumbu kompor. Bahan pendukung lain, seperti rockwool, nutrisi cair, dan benih bisa didapatkan di toko tanaman hidroponik," ujarnya. 

Jika peralatan dan bahan pendukung sudah didapatkan, proses menanam hidroponik dapat segera dilakukan. Pada dasarnya, ada tiga tahapan pada proses menanam tanaman hidroponik, yakni pembibitan, pembuatan media tanam, dan perawatan. 

Benih terlebih dahulu perlu disemai untuk memilih benih terbaik untuk ditanam. Pembibitan tanaman hidroponik dapat dilakukan menggunakan media rockwool yang bebas hama, penyakit, dan dapat menyerap air dengan baik.

"Benih yang sudah disiapkan dapat disemai pada rockwool yang sudah dipotong dan kemudian dibasahi dengan air. Setelah itu, rockwool yang sudah terdapat benih tanaman dapat disimpan ditempat gelap" anjurannya. 

Ketika benih yang disemai sudah berkecambah, pindahkan ke tempat terang yang tidak terkena matahari secara langsung. Basahi rockwool dengan air setiap pagi dan sore hari. Saat benih sudah berumur 2 minggu dan tumbuh daun, tanaman dapat dipindah ke media tanam.

"Media tanam dapat dibuat menggunakan botol air mineral. Potong botol bekas menjadi dua bagian. Botol bagian atas dapat dilubangi pada bagian leher botol dan tutup botol untuk menempatkan kain bekas atau sumbu kompor yang berfungsi sebagai jalur aliran air nutrisi untuk diserap akar tanaman" Imbuh Ibu dua orang anak ini.

Setelah sumbu terpasang, botol bagian atas dapat diisi dengan campuran arang sekam dan sabut kelapa. Sedangkan botol bagian bawah diisi dengan cairan nutrisi hidroponik. Setelah itu botol bagian atas dapat dipasangkan pada botol bagian bawah dengan posisi leher botol menghadap ke bawah.

Ketika media tanam sudah siap, pindahkan benih tanaman tanpa merusak akarnya. Lubangi media tanam kurang lebih 1-2 cm untuk meletakkan benih yang sudah mulai tumbuh tersebut.

"Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah melakukan perawatan tanaman hidroponik secara berkala. Tambahkan cairan nutrisi jika hampir habis agar tanamanan hidroponik mendapatkan cairan yang cukup. Selain itu, Anda juga perlu menyemprotkan air secukupnya ke tanaman setiap pagi dan sore hari. Hanya dengan tiga langkah tersebut, Anda sudah bisa siap untuk mendapatkan hasil panen sayur atau buah yang Anda tanam," tandasnya. (Meida)

COMMENTS

Nama

# Hut Depok,1,# Kriminal,7,# Lingkungan,4,# Palestina,1,# Pilgub Jabar,3,# PKK,1,Adv,2,ahok,1,al fatihah,1,al quran,2,alumni smp 2 depok,1,anak,1,bakso babi,1,bakso babi hutan,1,bakso celeng,1,bakso oplosan,1,baznas,1,Bisnis,29,Bom,1,Citizen Journalism,1,Cuaca,2,Deddy Mizwar,1,depok,1,Depok Raya,45,Depok Terkini,1,dodol betawi,1,Ekonomi,2,features olah rasa,1,gas,1,Gaya Hidup,12,geng motor,2,hacker,1,Halal,1,Headline,85,hidup sehat,10,Hikmah,5,Hotel,1,i,1,idNSA,1,ilmu tajwid,1,Ilustrasi,1,imigrasi,1,Ine hardiyati,1,Internet,3,itc depok,1,jembatan ambles,1,jembatan pitara ambles,1,jembatan sengon,1,Kec. Beji,8,Kec. Bojong Sari,1,Kec. Cimanggis,2,Kec. Cinere,1,Kec. Limo,2,Kec. Pancoran Mas,8,Kec. Sawangan,4,Kec. Sukmajaya,4,Kec. Tapos,1,kecantikan,10,Kekerasan Pada Wartawan,1,Kesehatan,38,khitanan massal,1,Kirimal,14,knpi,1,komputer,2,Komunitas,25,komunitas hacker,1,koni,2,kriminal,6,kuliner,1,Kuliner,14,Lalu Lintas,9,legen,1,liburan,1,lintasan tajwid,2,Makanan,1,media sosial,3,mengajari anak,1,menjaga kesehatan,3,metro,1,Metro Depok,423,mi mengandung babi,1,mi samyang,2,miras,2,Mobil,2,motor,1,Motor,1,mudik,4,nasio,1,nasioanl,3,Nasional,56,netty heryawan,1,nurul fikri,1,Ojek Online,1,Olahraga,1,Opini,18,Oto Tekno,2,Parenting,10,Pendidikan,65,Peristiwa,175,peristiwaIlustrasi,1,persada,1,pilgub dki,1,Pilgub Jabar,1,pilkada2017,1,pilkadadki2017,1,Politik,13,ppdb,1,produk unggulan depok,1,Promo,3,Ragam,97,Ramadhan,137,Remaja Islam,2,Reses DPRD,1,ridwan kamil,1,rki,1,rs meilia depok,1,Rumah Keluarga Indonesia,1,sejarah,2,smpit nurul fikri,1,Sosmed,1,surah al kautsar,1,Tagihan,1,tajwid,2,tas diduga bom,1,Teknologi,8,Tempat Nongkrong,1,tertinggi nilai rata-rata un,1,Tokoh Depok,1,Traveloka,1,ukm,1,UMKM Depok,1,Wisata,3,Wisata amp; Kuliner,4,Zakat,1,
ltr
item
Depok News: Begini Cara Membuat Tanaman Hidroponik Di Rumah
Begini Cara Membuat Tanaman Hidroponik Di Rumah
https://3.bp.blogspot.com/-pzUzrsBobtI/WWIV6Qn-c-I/AAAAAAAABi0/jd-YFjjVidwApLcGeA2vdwHRRqFGxorbgCLcBGAs/s640/tanaman%2Bhidroponik.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-pzUzrsBobtI/WWIV6Qn-c-I/AAAAAAAABi0/jd-YFjjVidwApLcGeA2vdwHRRqFGxorbgCLcBGAs/s72-c/tanaman%2Bhidroponik.jpg
Depok News
http://www.depoknews.id/2017/07/begini-cara-membuat-tanaman-hidroponik.html
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/2017/07/begini-cara-membuat-tanaman-hidroponik.html
true
3114477243298442110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy