Kenakalan Remaja Dalam Taraf Memprihatinkan, Semua Pihak Harus Mengulurkan Tangan

Ilustrasi (istimewa) DepokNews- Kenakalan remaja saat ini sudah dalam taraf memprihatinkan. Sehingga mereka membutuhkan bantuan dan ...

Ilustrasi (istimewa)


DepokNews- Kenakalan remaja saat ini sudah dalam taraf memprihatinkan. Sehingga mereka membutuhkan bantuan dan saatnya semua pihak mengulurkan tangan dan membantu mereka menemukan arah yang tepat untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang sehat.

Psikolog Universitas Pancasila (UP) Maharani Ardhi Putri mengatakan, jika merujuk pendapat Baron dan Byrne (2005) pada Psikologi Sosial maka agresivitas adalah tindakan kekerasan dan pelanggaran yang meyebabkan atau di maksudkan untuk menyebabkan penderitaan dan menyakiti orang lain. Maka perilaku para geng ini dalam merusak dan melukai sudah dapat digolongkan dalam  agresivitas. Perilaku agresifitas yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan, seperti materi maupun kepuasan yg sifatnya psikologis dapat mengalami ekskalasi atau peningkatan baik kuantitas maupun bentuknya.

"Jadi misalnya hanya berantem dengan tangan kosong saja tidak lagi menimbulkan kepuasan, karena itu ditambah dengan menggunakan senjata. Hal inilah yang sangat perlu diwaspadai, karena bisa jadi semakin lama targetnya tidak hanya melukai tapi sampai terjadi pembunuhan," kata Putri.

Soal dugaan bahwa kenakalan mereka saat ini sengaja didesain, Putri berpendapat bahwa pihak kepolisian lebih mengetahuinya. Hanya saja perlu dicermati bahwa sebagian besar pelakunya adalah remaja. Apabila ada seseorang atau kelompok yang mengarahkan mereka, tentunya seperti lazimnya keadaan emosi remaja , mereka masih sangat labil dan sedang mencari identitas diri dengan mencari role model ataupun kelompok yang sesuai.

"Namun bisa juga remaja2 ini melakukan berbagai bentuk kekerasan tersebut karena merasa bersaing dengan geng lawannya, sehingga mereka merasa harus lebih hebat, lebih kuat, lebih ditakuti," tukasnya.

Fenomena kekerasan ini tampaknya sekarang terjadi disegala musim, tidak hanya saat puasa atau tahun baru. Dan peningkatan terjadi biasanya pada musim-musim liburan yang membuat para remaja tersebut lebih sering berkumpul. Memang seringkali pada masa menyambut hari raya idul fitri ataupun natal dan tahun baru, kriminalitas meningkat karena adanya kebutuhan dan keberadaan materi yang meningkat juga.

"Namun mencermati beberapa aksi geng motor akhir-akhir ini tampaknya target mereka tidak selalu materi, namun lebih untuk menunjukkan kekuasaan dan menimbulkan ketakutan," paparnya.

Satu hal yang perlu diingat semua orang memiliki peranan dalam membentuk ataupun menghilangkan fenomena ini. Semua orang termasuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan pendidikan dan negara serta aparatnya. Aresivitas sebagai tingkah laku sosial yang di pelajari. Artinya kita perlu mencermati remaja-remaja ini belajar pada tontonan dan lingkungan yang seperti apa.

"Hanya menangkap rasanya saat ini tidak terlalu menimbulkan efek jera, karena begitu keluar penjara mereka akan bertemu dengan kelompok yang sama," katanya.

Oleh karena itu kata Putri, semua pihak perlu bekerjasama. Kita tidak bisa hanya memberikan pengarahan pada remaja-remaja pelaku kekerasan tetapi perlu kita ciptakan role model yang tepat dan dapat berbicara pada bahasa mereka, kita perlu menciptakan kegiatan pengganti dari sekedar nongkrong, melibatkan mereka dalam kegiatan sosial sehingga mereka memiliki tanggung jawab sosial. Keluarga perlu memberikan nilai-nilai dasar mengenai tanggung jawab, kemanusiaan dan kerja keras. Sekolah dan universitas perlu menciptakan kegiatan yang menarik minat baik dari segi akademik dan non akademik.

"Negara perlu mengadakan atau merawat fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan utk mengembangkan seni budaya dan lainnya. Begitu pula masyarakat perlu menciptakan kegiatan yang tidak hanya melibatkan remaja di daerahnya tapi juga daerah sekitarnya, sekitarnya sehingga mereka saling mengenal dan tidak berprasangka pada kelompok diluar mereka," paparnya.

Apabila mengikuti perkembangan remaja, saat ini keberadaan medsos menjadi penting sebagai pusat informasi. Hal ini dapat kita manfaatkan dengan melakukan kampanye maupun gerakan sosial yang mengajak remaja untuk melakukan hal yang positif. Kebiasaan geng adalah untuk berkumpul, karena memang begitu masuk dalam kelompok mereka merasa lebih kuat, memiliki dukungan sosial dan mendapatkan reward dari kelompoknya. Hal ini sebagai kohesivitas yang artinya kekuatan baik positif ataupun negatif yang menyebabkan anggota menetap pada suatu kelompok.

"Namun diluar kelompoknya pada dasarnya mereka adalah remaja yang sedang mencari bentuk identitasnya dan membutuhkan uluran tangan dalam mengarahkan kehidupannya," pungkasnya.(mia)

Area lampiran


Nama

# Hut Depok,1,# Kriminal,7,# Lingkungan,4,# Palestina,1,# Pilgub Jabar,3,# PKK,1,Adv,2,ahok,1,al fatihah,1,al quran,2,alumni smp 2 depok,1,anak,1,bakso babi,1,bakso babi hutan,1,bakso celeng,1,bakso oplosan,1,baznas,1,Bisnis,29,Bom,1,Citizen Journalism,1,Cuaca,2,Deddy Mizwar,1,depok,1,Depok Raya,45,Depok Terkini,1,dodol betawi,1,Ekonomi,2,features olah rasa,1,gas,1,Gaya Hidup,12,geng motor,2,hacker,1,Halal,1,Headline,85,hidup sehat,10,Hikmah,5,Hotel,1,i,1,idNSA,1,ilmu tajwid,1,Ilustrasi,1,imigrasi,1,Ine hardiyati,1,Internet,3,itc depok,1,jembatan ambles,1,jembatan pitara ambles,1,jembatan sengon,1,Kec. Beji,8,Kec. Bojong Sari,1,Kec. Cimanggis,2,Kec. Cinere,1,Kec. Limo,2,Kec. Pancoran Mas,8,Kec. Sawangan,4,Kec. Sukmajaya,4,Kec. Tapos,1,kecantikan,10,Kekerasan Pada Wartawan,1,Kesehatan,38,khitanan massal,1,Kirimal,14,knpi,1,komputer,2,Komunitas,25,komunitas hacker,1,koni,2,kriminal,6,kuliner,1,Kuliner,14,Lalu Lintas,9,legen,1,liburan,1,lintasan tajwid,2,Makanan,1,media sosial,3,mengajari anak,1,menjaga kesehatan,3,metro,1,Metro Depok,423,mi mengandung babi,1,mi samyang,2,miras,2,Mobil,2,motor,1,Motor,1,mudik,4,nasio,1,nasioanl,3,Nasional,56,netty heryawan,1,nurul fikri,1,Ojek Online,1,Olahraga,1,Opini,18,Oto Tekno,2,Parenting,10,Pendidikan,65,Peristiwa,175,peristiwaIlustrasi,1,persada,1,pilgub dki,1,Pilgub Jabar,1,pilkada2017,1,pilkadadki2017,1,Politik,13,ppdb,1,produk unggulan depok,1,Promo,3,Ragam,97,Ramadhan,137,Remaja Islam,2,Reses DPRD,1,ridwan kamil,1,rki,1,rs meilia depok,1,Rumah Keluarga Indonesia,1,sejarah,2,smpit nurul fikri,1,Sosmed,1,surah al kautsar,1,Tagihan,1,tajwid,2,tas diduga bom,1,Teknologi,8,Tempat Nongkrong,1,tertinggi nilai rata-rata un,1,Tokoh Depok,1,Traveloka,1,ukm,1,UMKM Depok,1,Wisata,3,Wisata amp; Kuliner,4,Zakat,1,
ltr
item
Depok News: Kenakalan Remaja Dalam Taraf Memprihatinkan, Semua Pihak Harus Mengulurkan Tangan
Kenakalan Remaja Dalam Taraf Memprihatinkan, Semua Pihak Harus Mengulurkan Tangan
https://2.bp.blogspot.com/-hzXb7W42mgk/WUHzV__zPLI/AAAAAAABGsc/tUVESundbFslGs-HqdtokdKg1iU8U4xbgCLcBGAs/s640/stop%2Bkenakalan%2Bremaja.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-hzXb7W42mgk/WUHzV__zPLI/AAAAAAABGsc/tUVESundbFslGs-HqdtokdKg1iU8U4xbgCLcBGAs/s72-c/stop%2Bkenakalan%2Bremaja.jpg
Depok News
http://www.depoknews.id/2017/06/kenakalan-remaja-dalam-taraf.html
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/2017/06/kenakalan-remaja-dalam-taraf.html
true
3114477243298442110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy