Pohon Rawan Tumbang di Lingkar UI Depok Dipangkas

DepokNews- Pohon di lingkar Universitas Indonesia (UI) dipangkas. Dan yang beresiko tumbang terpaksa ditebang. Mengingat di lokasi sudah ter...

DepokNews- Pohon di lingkar Universitas Indonesia (UI) dipangkas. Dan yang beresiko tumbang terpaksa ditebang. Mengingat di lokasi sudah terjadi dua kali pohon tumbang dan menewaskan tiga orang.


Kepala Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) UI, Fatma mengatakan, penebangan dilakukan setelah pihaknya melakukan duduk bersama dengan Dinas Kehutanan DKI Jakarta. Setelah disepakati barulah dilakukan penebangan dan pemangkasan.


"Ini sebagai upaya mengurangi resiko. Kita duduk bersama dengan Dinas Kehutanan DKI. Tujuannya bagaimana. Supaya pohon rawan tumbang kita kurangi," kata Fatma, Selasa (8/5).


Penebangan dilakukan setelah dilakukan identifikasi terhadap pohon rawan tumbang dan beresiko tinggi. Untuk pohon rawan tumbang dilakukan penebangan. Sedangkan untuk yang beresiko tinggi hanya dilakukan pemangkasan.


"Tidak semua ditebang. Yang rawan tumbang ditebang, yang high risk dipangkas," tukasnya.


Dalam wilayah UI kata dia pihaknya rutin melakukan pemantauan. Namun diakui memang yang ada di lingkar UI bukanlah kewenangan pihaknya melakukan pemangkasan dan penebangan.


"Kita identifikasi area UI ada 202 rawan tumbang dan 130 sudah ditebang. Sisanya 72 dipangkas. Yang kejadian itu ada di luar UI tetapi memang berdekatan," ungkapnya.


Pihaknya juga melakukan pemantauan kecepatan angin. Untuk kejadian pohon tumbang kemarin, kata Fatma, kecepatan angin mencapai 20 KM/jam. Sehingga pohon tidak kuat menahan kecepatan angin dan tumbang. Ditambah kondisi pohon yang sudah tua sehingga kekuatan akar tidak kokoh.


"Kita ada warning. Kalau kecepatan angin diatas 15KM/jam dan hujan kita antisipasi lakukan pemangkasan," tukasnya.


Dalam UI sendiri sudah ratusan pohon yang ditebang. Seperti di wilayah publik, pinggir jalan, Fakultas Hukum, MIPA, FIB, FKM.


"Itu yang kita sudah lakukan. Kalau diluar UI kita lakukan kordinasi," pungkasnya.


Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan sejak kejadian Februari lalu pihaknya sudah menginstruksikan pada dinas terkait untuk memeriksa seluruh pohon yang ada di Depok. Dia menginstruksikan pohon yang usianya diatas 15 tahun harus ditebang. "Saat itu ada 20 pohon yang usianya sudah tua dan rawan. Sehingga sudah ditebang," kata Idris.


Puluhan pohon itu ada di wilayah Cilodong sebanyak lima pohon dan Beji serta wilayah lainnya. Idris menuturkan, pohon yang tumbang kemarin termasuk yang ada di wilayah perbatasan. Namun pihaknya tidak menyalahkan siapapun. Justru pihaknya saling mengingatkan pada Pemprov DKI Jakarta dan saling berkomunikasi. "Mohon maaf kalau belum optiman untuk berkordinasi dengan daerah tetangga. Ini harus ditingkatkan. Saya pribadi mengucapkan turut berduka sedalam-dalamnya pada keluarga," tukasnya.


Sebelumnya, Muhammad Rizky menjadi korban tewas tertimpa pohon saat hujan disertai angin kencang dan petir. Dia berada dalam mobil Honda. Jazz D 1618 AAU bersama dua rekannya yaitu Dani dan Hussin. Kedua rekannya selamat dari maut. Sedangkan Rizky tewas karena terjepit atap mobil yang tertimpa pohon besar.(mia)

COMMENTS

Nama

# Hut Depok,1,# Kriminal,8,# Lingkungan,4,# Palestina,1,# Pilgub Jabar,3,# PKK,1,Adv,2,ahok,1,al fatihah,1,al quran,2,alumni smp 2 depok,1,anak,1,bakso babi,1,bakso babi hutan,1,bakso celeng,1,bakso oplosan,1,baznas,2,Bisnis,42,Bom,1,Citizen Journalism,1,Cuaca,2,Deddy Mizwar,1,depok,1,Depok Raya,49,Depok Terkini,1,dodol betawi,1,Ekonomi,3,features olah rasa,1,gas,1,Gaya Hidup,13,geng motor,2,hacker,1,Halal,1,Headline,106,hidup sehat,14,Hikmah,5,Hotel,1,hukum,1,i,1,idNSA,1,ilmu tajwid,1,Ilustrasi,2,imigrasi,1,Ine hardiyati,1,Internet,3,itc depok,1,jabar,1,jembatan ambles,1,jembatan pitara ambles,1,jembatan sengon,1,Kec. Beji,8,Kec. Bojong Sari,1,Kec. Cimanggis,2,Kec. Cinere,1,Kec. Limo,4,Kec. Pancoran Mas,8,Kec. Sawangan,4,Kec. Sukmajaya,4,Kec. Tapos,1,kecantikan,12,Kekerasan Pada Wartawan,1,Kesehatan,39,khitanan massal,1,Kirimal,14,knpi,1,komputer,2,Komunitas,27,komunitas hacker,1,koni,2,kriminal,12,kuliner,1,Kuliner,18,Lalu Lintas,20,legen,1,liburan,1,lintasan tajwid,2,Makanan,1,media sosial,3,mengajari anak,1,menjaga kesehatan,4,metro,2,Metro Depok,688,mi mengandung babi,1,mi samyang,2,miras,2,Mobil,2,motor,1,Motor,1,mudik,4,nasio,1,nasioanl,5,Nasional,67,netty heryawan,1,nurul fikri,1,Ojek Online,1,Olahraga,1,Opini,20,Oto Tekno,2,Parenting,10,Pendidikan,81,Peristiwa,258,peristiwaIlustrasi,1,persada,1,pilgub dki,1,Pilgub Jabar,1,pilkada2017,1,pilkadadki2017,1,Politik,14,ppdb,1,produk unggulan depok,1,Promo,3,Ragam,108,Ramadhan,137,Remaja Islam,2,Reses DPRD,1,ridwan kamil,1,rki,1,rs meilia depok,1,Rumah Keluarga Indonesia,1,sandiaga uno,1,sejarah,2,smpit nurul fikri,1,Sosmed,1,surah al kautsar,1,Tagihan,1,tajwid,2,tas diduga bom,1,Teknologi,8,Tempat Nongkrong,1,tertinggi nilai rata-rata un,1,Tokoh Depok,1,Traveloka,1,ukm,1,UMKM Depok,1,Wisata,4,Wisata amp; Kuliner,4,Zakat,1,
ltr
item
Depok News: Pohon Rawan Tumbang di Lingkar UI Depok Dipangkas
Pohon Rawan Tumbang di Lingkar UI Depok Dipangkas
Depok News
http://www.depoknews.id/2017/05/pohon-rawan-tumbang-di-lingkar-ui-depok.html
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/2017/05/pohon-rawan-tumbang-di-lingkar-ui-depok.html
true
3114477243298442110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy