Jika Ramadhan Datang, Wanita Jangan Hanya Sibuk di Dapur!

DepokNews -- Bulan sya’ban akan segera berakhir, dan itu artinya bulan ramadhan segera tiba. Aroma-aroma ramadhan sudah semakin terasa di se...

DepokNews -- Bulan sya’ban akan segera berakhir, dan itu artinya bulan ramadhan segera tiba. Aroma-aroma ramadhan sudah semakin terasa di sekitar kita, setidaknya hampir seluruh stasiun televisi nasional mulai menayangkan ‘drama/sinetron religi’ dan iklan-iklan acara untuk menemani sahur yang relatif hampir sama semua yaitu variety show dengan kuis dan bintang-bintang komedi. Disepanjang jalan yang sekarang banyak terlihat minimarket waralaba juga dihiasi dengan makanan-makanan khas ramadhan seperti kurma dan sirup.

Tidak hanya persiapan lahiriah yang nampak terlihat, tetapi semangat tuk menyambut ramadhan juga telah dipersiapkan. Ada yang memiliki target-target tertentu untuk ramadhan kali ini yang terkait dengan ibadah. Berapa kali khatam Al Quran, Berapa juz yang akan dihapal, ikut tarawih atau kajian dimana, dan lainnya.

Namun, niat baik dan semangat saja belum cukup. Terlebih untuk muslimah yang akan mempunyai tugas lebih ketika ramadhan, belum lagi jika ia pun juga harus bekerja.

Tetapi, tentu masih banyak kesempatan untuk muslimah menggapai berkah dan rahmat di bulan ramadhan. Menggapai apa yang kita targetkan pada bulan ramadhan sangat tergantung pada pengaturan waktu dan rencana yang realistik.

Berikut ini beberapa tips untuk muslimah yang disarikan dari tulisan Rasha Dewedar pada onislam.

Setiap orang tentu memiliki prioritas, kemampuan dan situasi yang berbeda, tetapi kita dapat mengadopsi tips-tips berikut yang sesuai dengan kita. Dan jangan lupa untuk berdoa kepada Allah agar diberikan waktu yang berkah.

·Buat Target Yang Riil, jangan membuat target yang terlalu tinggi hingga sulit untuk dicapai. Kita bukanlah superwoman (tidak ada yang seperti superwoman), kita tentu masih membutuhkan bantuan. Buatlah target yang serealistik mungkin yang sesuai dengan kemampuan, tanggung jawab dan situasi yang kita hadapi. Jika kita masih harus mengerjakan pekerjaan rumah sendiri semua tanpa pembantu, maka tetaplah berusaha untuk menarget berapa lembar yang kita sanggupi membaca Quran dan mentadaburinya.

·Buatlah Sesederhana Mungkin. Jangan terlalu bersemangat hingga kemudian membuat rencana yang berlebihan atau menyiapkan menu yang nampak wah! Pastikan bahwa kita dapat melaksanakan rencana itu dengan mudah dan siapkanlah menu-menu sahur dan berbuka yang mudah tetapi tetap bergizi.

·Siapkan Kebutuhan Dapur. Agar tidak terlalu banyak menghabiskan waktu di dapur sehingga mengurangi waktu ibadah kita, siapkanlah beberapa bumbu dasar yang telah ditumbuk sebelumnya dan disimpan di lemari es, sehingga Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menumbuk.

·Rapikan Rumah Anda. Persiapkanlah semua kebutuhan ibadah ramadhan seperti sarung/mukena untuk setiap anggota keluarga di tempat khusus, begitu juga dengan Quran dan buku-buku sehingga memudahkan kita. Sebisa mungkin aturlah rumah dengan suasana ramadhan khas dengan tilawah sepanjang hari di rumah atau murotal, dan minimalkan televisi ketika acara-acara yang tidak bermanfaat.

·Tentukan Prioritas Anda. Susunlah target dan rencana dari yang menjadi prioritas utama hingga yang paling akhir. Kerjakanlah sesuai dengan urutan prioritas yang dibuat. Janganlah mengerjakan tugas atau mengejar target lain sebelum tugas atau target yang sebelumnya selesai.

·Jaga Kondisi Fisik. Istirahat yang cukup dan makanlah dengan benar, sehingga kita dapat menjaga kesehatan kita untuk ramadhan ini. Sempatkanlah melakukan olahraga ringan yang disukai, puasa bukan berarti harus libur olahraga.
Dan untuk wanita bekerja, yang tentunya harus lebih pandai mengatur waktu dan menyusun rencana. Berikut beberapa tips menjalankan ramadhan untuk wanita bekerja:

·Bekerja dengan Efisien. Pastikan anda bekerja seefisien mungkin, kerjakanlah pekerjaan anda dengan sungguh-sungguh dan waktu yang optimal sehingga akan merefleksi secara positif pada psikologis Anda. Stress dalam masalah pekerjaan terjadi karena ada pekerjaan yang tidak sesuai dengan rencana atau tidak berjalan sebagaimana mestinya, pikirkan dan rundingkanlah pemecahan masalahnya dan jangan sampai berlarut-larut.

·Buatlah Jadwal secara cermat. Wanita bekerja harus menyesuaikan jadwal dengan waktu bekerja, istirahat, memasak, dan tentunya target-target ibadah yang ingin dicapainya. Gunakanlah waktu-waktu jeda saat diperjalanan, waktu istirahat untuk melakukan aktivitas-aktivitas ibadah seperti membaca Quran, mendengarkan murotal atau lainnya, terlebih saat sekarang ini banyak gadget yang memfasilitasi kegiatan ibadah, gunakanlah semaksimal mungkin.
Yang perlu diketahui, pengaturan waktu bukanlah alat untuk mencapai target, tetapi sistem yang membantu kita melihat visi secara jelas mengenai apa yang ingin kita lakukan, mengidentifikasi tanggung jawab yang kita miliki, merasa produktif dan hal-hal inilah yang akhirnya akan mengarahkan kita untuk mengontrol hidup kita dengan tujuan yang lebih baik. Selamat menjalankan ibadah shaum ramadhan, semoga Allah Swt. memberikan kemudahan dan keistiqomahan dalam menjalankan setiap ibadah dan aktivitas ramadhan kita, aamiin.[wn]

Sumber: https://www.eramuslim.com/akhwat/muslimah/ramadhan-datang-wanita-jangan-hanya-sibuk-di-dapur.htm#.WRY8K2mGPIU

 

COMMENTS

Nama

# Hut Depok,1,# Kriminal,8,# Lingkungan,4,# Palestina,1,# Pilgub Jabar,3,# PKK,1,Adv,2,ahok,1,al fatihah,1,al quran,2,alumni smp 2 depok,1,anak,1,bakso babi,1,bakso babi hutan,1,bakso celeng,1,bakso oplosan,1,baznas,2,Bisnis,42,Bom,1,Citizen Journalism,1,Cuaca,2,Deddy Mizwar,1,depok,1,Depok Raya,49,Depok Terkini,1,dodol betawi,1,Ekonomi,3,features olah rasa,1,gas,1,Gaya Hidup,12,geng motor,2,hacker,1,Halal,1,Headline,105,hidup sehat,13,Hikmah,5,Hotel,1,hukum,1,i,1,idNSA,1,ilmu tajwid,1,Ilustrasi,2,imigrasi,1,Ine hardiyati,1,Internet,3,itc depok,1,jabar,1,jembatan ambles,1,jembatan pitara ambles,1,jembatan sengon,1,Kec. Beji,8,Kec. Bojong Sari,1,Kec. Cimanggis,2,Kec. Cinere,1,Kec. Limo,4,Kec. Pancoran Mas,8,Kec. Sawangan,4,Kec. Sukmajaya,4,Kec. Tapos,1,kecantikan,12,Kekerasan Pada Wartawan,1,Kesehatan,39,khitanan massal,1,Kirimal,14,knpi,1,komputer,2,Komunitas,27,komunitas hacker,1,koni,2,kriminal,12,kuliner,1,Kuliner,18,Lalu Lintas,20,legen,1,liburan,1,lintasan tajwid,2,Makanan,1,media sosial,3,mengajari anak,1,menjaga kesehatan,4,metro,2,Metro Depok,672,mi mengandung babi,1,mi samyang,2,miras,2,Mobil,2,motor,1,Motor,1,mudik,4,nasio,1,nasioanl,5,Nasional,65,netty heryawan,1,nurul fikri,1,Ojek Online,1,Olahraga,1,Opini,20,Oto Tekno,2,Parenting,10,Pendidikan,80,Peristiwa,256,peristiwaIlustrasi,1,persada,1,pilgub dki,1,Pilgub Jabar,1,pilkada2017,1,pilkadadki2017,1,Politik,14,ppdb,1,produk unggulan depok,1,Promo,3,Ragam,107,Ramadhan,137,Remaja Islam,2,Reses DPRD,1,ridwan kamil,1,rki,1,rs meilia depok,1,Rumah Keluarga Indonesia,1,sandiaga uno,1,sejarah,2,smpit nurul fikri,1,Sosmed,1,surah al kautsar,1,Tagihan,1,tajwid,2,tas diduga bom,1,Teknologi,8,Tempat Nongkrong,1,tertinggi nilai rata-rata un,1,Tokoh Depok,1,Traveloka,1,ukm,1,UMKM Depok,1,Wisata,4,Wisata amp; Kuliner,4,Zakat,1,
ltr
item
Depok News: Jika Ramadhan Datang, Wanita Jangan Hanya Sibuk di Dapur!
Jika Ramadhan Datang, Wanita Jangan Hanya Sibuk di Dapur!
Depok News
http://www.depoknews.id/2017/05/jika-ramadhan-datang-wanita-jangan.html
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/
http://www.depoknews.id/2017/05/jika-ramadhan-datang-wanita-jangan.html
true
3114477243298442110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy